Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Sharing lagi yuk tentang kehamilan. Hehehe

Ibu hamil pasti banyak yang mengalami kaki bengkak apalagi di trisemester tiga kayak saya sekarang ini. Minggu lalu sempet bengkak gede banget, sampai masuk ke sepatupun ga bisa. Akhirnya saya pakai sandal aja kemana-mana.

Kata dokter ada beberapa indikasi kalau kaki bengkak saat hamil, diantaranya : darah tinggi atau hipertensi, kurang lancarnya aliran darah ataupun kecapean. Alhamdulillah waktu di tensi ternyata tekanan darah normal. Yang perlu diwaspadai itu hipertensi. Duh semoga jangan sampai ya…

Nah berikut ini tips untuk meringankan bengkak di kaki. beberapa sudah saya jalani dan lumayan mengurangi dan lainnya adalah pengalaman bumil yang lain

  1. Tidur dengan kaki lebih tinggi dari kepala. Yups, buat bumil yang kakinya bengkak bisa tidur dengan bantal sebagai alas kaki. Cuma agak sulitnya karena sekarang lebih sering tidur miring bukan telentang yang ada bantalnya malah ketendang-tendang. Jadi kalau saya disiasati dengan tidur tetap miring sambil meluk guling nah bawahnya guling ada bantal lagi buat alas deh. Walaupun kalau bangun udah nggak jelas lagi bantal itu ada dimana.
  2. Aktivitas olahraga ringan. Yups, bisa jalan kaki atau berenang. Berhubung kalau hari kerja mau jalan pagi itu susahnya minta ampun karena saya harus berangkat 6 pagi dari rumah maka saya alihkan jalan kakinya pas nyari makan siang aja dibelakang kantor. Hehehe. Dan untungnya saya suka berenang jadi setiap weekend pokoknya sekarang harus disempet-sempetin berenang. Keliatan banget perubahanya loh. Bengkaknya  jadi berkurang setelah berenang. Ditambah lagi kalau katanya berenang itu bagus untuk otot-otot persiapan melahirkan.
  3. Ada yang bilang kurangi garam. Tetangga saya sampai harus bedrest karena kakinya bengkaknya kebangetan. Mungkin ini yang dimaksud kaki bengkak karena hipertensi ya. Jadi memang harus bisa atur menu makan sih. Sekarang saya bela-belain masak sendiri walaupun pulang ngantor udah malem dan kadang udah ngantuk. Pagi sisa masak sayurnya aja . Daripada beli diluar terus, nggak jelas masaknya gimana. Yang jelas kalau saya masak sendiri nggak pernah pakai penyedap rasa. Kalau sempet mending pakai kaldu yang bikin sendiri dari rebusan daging.
  4. Saat duduk di kantor kaki harus napak. Yups, sekarang saya sudah sedia kardus buat jadi alas kaki saya kalau duduk biar  kakinya nggak gantung.

Pada tahap ini apapun yang terjadi dengan perubahan tubuh saya selalu saya nikmati dan syukuri. Walaupun badan udah bengkak hampir 20 kg, tapi demi dede bayi apapun dilakukan. Bismillah ya nak, semoga sehat terus sampai waktunya nanti

Source : https://kesehatandia.blogspot.co.id/2015/06/kaki-bengkak-saat-hamil.html

Diabetes Gestasional pada ibu hamil

Yang mau cerita suka duka jadi bumil gabung disini yuk!!!

Ceritanya kemaren tanggal 14 Januari lagi seneng-senengnya kontrol dede bayi ke dokter apalagi bisa  lihat muka manisnya apalagi sudah memasuki usia 7 bulan :D. Sebulan sebelumnya memang disuruh cek darah dan cek ke dokter fetomaternal juga, cuma karena hasilnya angka-angka dan nggak dapat penjelasan lengkap dari dokternya jadi memang harus kembali lagi ke dokter kandungan awal.

Nah setelah masuk ke ruangan dokter Nonny di RS Jakarta, beliau  agak mengernyitkan dahi setelah baca hasil lab saya. Pertama hasil gula darah pas puasa 93 tapi setelah di kasih air gula jadi tinggi yaitu 190 dan itu termasuk tinggi, bisa-bisa suspect diabetes.

Nah setelah itu hasil dari dokter fetomaternal, alhamdulillah semua organ bayinya normal tapi untuk usia 7 bulan beratnya cuma 900 gram itu kurang. Akhirnya gantian saya yang langsung pusing. Selama ini saya udah naik hampir 15 kg loh, makan mulu juga tapi karena ada permasalahan di plasenta jadi nutrisinya ga keserap 100 % sama bayinya, eh giliran  di USG lagi ternyata air ketuban saya kurang. Ya Allah, sedih banget saya. Kok buat dedenya banyak kurangnya dan baru ketahuan sekarang. Akhirnya saya disuruh rawat inap untuk observasi dan yang paling penting lagi sih untuk menjaga bayi saya tetap sehat.

saya juga dirujuk ke dokter internis katanya memang ada kasus dimana pada saat hamil mengalami gula darah yang tinggi, walaupun sebelumnya nggak pernah ada indikasi punya gula darah tinggi. Bisa jadi bawaan bayi atau keturunan. Nah dari situ saya harus menjaga makan saya tapi tetap harus makan protein dan zat besi sebanyak-banyaknya seperti daging dan telur.

Seumur-umur baru kali itu saya harus rawat inap, tapi demi dede bayi apapun saya lakukan, karena dengan kondisi seperti ini yang dikhawatirkan dede bayi lahir prematur padahal organ tubuhnya belum siap semua. Jadi apa yang dokter katakan saya ikuti semua. Padahal saya itu phobia jarum suntik loh. Jadinya awal mau diinpus malah bengkak, alhasil malah harus pindah dan kena suntik lagi.

Seminggu dirawat rasanya seperti setahun, bergerak cuma ke kamar mandi aja. Apalagi cairan yang dimasukan saya agak pekat jadi berasa cenat-cenutnya waktu di infus. Dan harus ganti tempat 3 kali di tangan karena tangan saya berkali-kali bengkak. Mungkin ini ujian ya… demi kehadiran sang buah hati. Seberapa besar saya rela berkorban demi dia dan seberapa ikhlas saya menerima amanah ini.

Bidan yang ada di RS Jakarta, kontrol saya sehari 3 kali untuk memeriksa denyut jantung dedenya, dokter kandungan dan dokter internis pun selalu datang setiap harinya. Jadi makan saya terkontrol walaupun setiap mau makan harus disuntik insulin sampai melahirkan nanti, tapi Insya Allah saya ikhlas demi dede bayi 😀

Alhamdulillah dirawat seminggu berat dedenya nambah hampir 350 gram lebih dan minggu kemaren saya kontrol lagi pun sudah 1400 gram. Besok saya mau kontrol lagi karena sekarang harus setiap minggu kontrolnya, semoga dia sudah bertumbuh besar.

Oh iya yang perlu dijaga oleh saya sekarang ini tentu saja pola makan ya. Susu protein yang saya minum itu nutrican, dan setiap hari harus makan daging dan telur. Yang terpenting lagi harus mengurangi karbohidrat dan selalu minum air putih sebanyak-banyaknya. Biasanya sehari saya minum sampai 4 botol hampir 3 liter ya untuk mencegah air ketubannya kurang. Yang menggoda banget sih gorengan yah, tapi inget gorengan itu banyak tepungnya jadi dia termausk karbohidrat juga.

Pernah kemaren saya salah makan karena ada acara kumpul di komplek dan khilaf makan gorengan dan jumlahnya agak banyak kali ya, saya juga lupa berapa. eh sorenya di tes langsung tinggi. Pokoknya sekarang gorengan kalau pengin banget pun saya batasi dan bener deh jangan lupa cek gula darah mandiri, biar bisa kontrol makannya

Semoga setelah melahirkan nanti diabetes gestasional saya hilang setelah melahirkan dan dede bayinya sehat-sehat .. Amiin

 

Hasil gambar untuk bayi lucu

 

Sebelah Negeri Laskar Pelangi a.k.a Kepulauan Bangka

Sembari menunggu datangnya sore setelah semua kerjaan beres akhirnya bisa nge blog juga. Aktivitas yang sudah jarang-jarang saya lakukan dengan alasan males sibuk. Kali ini saya mau cerita tentang jalan-jalan saya ke Pangkal Pinang Kep Bangka Belitung dalam rangka jalan-jalan sambil kerja. Eh kebalik ding !

Pantai Parai Kepulauan Bangka.
Pantai Parai Kepulauan Bangka.

Banyak yang nyangka kalau ke Pangkal Pinang itu ya pasti ke Belitung, begitupun saya, karena awalnya saya mengira kalau Pangkal Pinang dan Belitung itu satu pulau. Nyatanya mereka adalah 2 putri yang tertukar pulau yang berbeda. Pangkal Pinang adalah ibukota provinsi Bangka Belitung dan terletak di Pulau Bangka. Nah, ternyata Belitung itu beda pulau lagi. Padahal saya ngidam banget pengin lihat pantai yang buat shooting Laskar Pelangi. Awalnya merasa, ihhh dodol banget sih saya… peta Indonesia aja belum hapal. Tapi nyatanya pemandangan di Pulau Bangka ini menarik juga kok apalagi kulinernya. Mantaaappp!!!

Saya sempetin seharian muter-muter Pangkal Pinang setelah kerjaan selesai. Sengaja milih pesawatnya paling sore, biar bisa jalan-jalan. Tujuan pertama adalah Parai Beach Resort dan pemandangannya bikin saya merinding. Ternyata typical pantai di Bangka nggak kalah dengan pantai di Belitung. Batuan-batuan besar , pasir putih yang lembut, airnya jernih ditambah lagi suasana resortnya yang oke punya. Betah deh berenang di situ, apalagi ngga ada ombak dan pantainya juga landai. Kalaupun cuma mau nongkrong dan foto-foto doank juga oke. Nyiur melambainya bikin ngantuk. Anyway, kandungan saya udah 4 bulan dan alhamdulillah emaknya dedeknya seneng.

20161026_12222320161026_121311

Nah disini juga ada bangunan yang menarik namanya Puri Tri Agung yang berlokasi di kawasan Pantai Tikus Sungailiat Kabupaten Bangka dan yang unik lagi tempat ini adalah kawasan tempat ibadah/sembahyang bagi Agama Budha, Khongfutze dan Laotze. Jadi ada 3 patung dalam satu tempat ibadah. Tempatnya keren ada diatas bukit dan bisa melihat lautan yang membentang luas apalagi di tambah angin yang semilir sepoi-sepoi. Rasanya adem ayem disini. Selain itu interior nya dan arsitektur bangunanya juga keren. Dominan warna emas dan merah bikin Puri Tri Agung ini jadi lebih eyecatching. 

20161026_104807.jpg
Puri Tri Agung
20161026_110031
3 kepercayaan satu tempat ibadah
20161026_110332
Dupa di Puri Tri Agung

Nah terakhir saya berkunjung ke Locomotive, tempat hang out yang konsepnya menarik banget. Disitu ada galeri seni seperti lukisan dan kerajinan tangan karya asli sana. Apalagi gimmick-gimmick interiornya juga unik jadi betah disana. Selain ada restauran, galeri seni, ada juga permainan air loh kayak speed boat, banana boat dan lain-lain. Yang lebih penting lagi disana ada yang namanya penangkaran penyu. Disitu bakal dikasih liat tempat bertelurnya penyu, tempat penyu menetas, tempat karantina penyu sebelum di lepaskan ke laut dan ada juga fasilitas learning untuk konservasi. Tempat menarik ini bisa jadi pilihan buat wisata dan juga edukasi.

Bumil yang maunya tetep eksis :D
Bumil yang maunya tetep eksis 😀
The Locomotive Pangkal Pinang
The Locomotive Pangkal Pinang
Penangkaran penyu di The Locomotive
Penangkaran penyu di The Locomotive
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya

Jangan lupa icip-icip kulinernya yang khas disini adalah Luwah kuning yang terbuat dari kepala ikan tenggiri, rasanya seger banget. Walaupun kelihatannya kental banget tapi nggak bikin eneg karena memang rasa jeruk dan segernya berasa banget. Selain itu cobain juga otak-otak ikan tenggiri asli Pangkal Pinang yang ikan tenggirinya berasa banget, pokoknya beda deh dengan otak-otak yang selama ini makan.

Kepulauan Bangka Belitung ini terkenal sama timahnya. Dulu waktu timah masih berjaya sebutannya emas hitam karena memang harganya tinggi. PT Timah masih ada di Kepulauan Bangka walaupun katanya prediksi untuk mendapatkan timah di Bangka hanya 20 tahun lagi. Disini bakal banyak di lihat kapal-kapal dilaut yang menyedot timah didalam laut. Kalau di Kepulauan Belitung katanya kapal-kapal pengebor timah sudah di usir  karena masyarakatnya sadar karena penambangan timah bisa merusaha sumber daya alamnya dan mereka menggantungkan hidupnya dengan wisata. Well, Laskar Pelangi jadi magnet kuat memang untuk wisata disini.

Rugi pokoknya kalau belum pernah menginkan kaki di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Sudah 5 bulan :D

Ternyata sudah hampir 3 bulan lebih saya nggak nulis ya. Kandungan saya sudah menginjak 22 minggu sekarang. Udah ngerasain suka dukanya terutama di 4 bulan awal kemaren. Terutama mual dan muntal hebat, tapi alhamdulillah selalu dinikmati dan disyukuri. Setiap makan dikit aja muntah lagi dan muntah lagi sampai pernah keluar darah, sempet takut sih. Alhamdulilah periksa ke dokter katanya nggak apa-apa

Apa kabar dengan loading pekerjaan? tentu saja bukannya berkurang malah bertambah. Maklum saja ini menjelang akhir tahun, jadi semua harus selesai.

Saya mengeluh, tentu tidak. Capek, pastinya. Tapi saya selalu yakinkan diri kalau saya mampu dan saya kuat. Kecuali kalau badan nggak bisa diajak kompromi lagi saya akan ijin kepada atasan dan rekan-rekan saya. Alhamdulillah, mereka semua peduli  tapi itu tidak membuat diri saya manja. Selama masih bisa saya kerjakan, pasti saya kerjakan.

Sebenarnya saya melihat mama saya dulu. Menurut beliau, kalau hamil nggak boleh manja apalagi males-malesan. Nanti anak juga jadi manja dan males-malesan. Selama masih bisa dikerjakan dan badannya masih mampu ya harus diusahakan dikerjakan. Well, saya juga berharap anak saya nantinya jadi orang yang pekerja keras dan cerdas kayak emaknya. Hehehe. Namanya doa boleh dong ya.

Jangan salah ya, walaupun hamil begini saya masih sering keluar kota loh. Dari Pekanbaru, Pangkal Pinang, Lampung , Jogja, Bandung, Makassar dan lain-lain. sebagian temen sih ada yang nanya, nggak kasihan tuh sama calon bayinya. Alhamdulillah, saya sayang banget bayi saya dan saya juga selalu periksa ke dokter sebelum dinas luar kota untuk memastikan dedenya sehat. Emaknya suka traveling sih, kalau di rumah doank malah berasa suntuk dan bosannya. Hehehe. Kayaknya nih kalau dedenya lahir bakal suka jalan-jalan deh. Insya Allah bakal nemenin emaknya keliling dunia ya nak :p

Untuk yang masih ikhtiar tetep semangat ya, saya yakin Allah selalu mendengar doa-doa kita. Malah saya sering diberi berkah yang tak terduga dan  yang penting jangan pernah putus asa. Mungkin Allah mau menguji kita seberapa inginnya  kita untuk diberi keturunan, seberapa jauh usaha kita untuk mendapatkan keturunan, seberapa layak kita menjadi orang tua.

Doakan saya dan calon baby saya selalu sehat dan lahir dengan selamat.

daehan-minguk-manse

                                                                              Sumber : google

Anyway, calon bayi saya adalah laki-laki.  Mohon doanya  ya  😀

 

Alhamdulillah Positif :D

Sebenarnya udah pengin cerita lama, saking bahagianya. Tapi kalau lagi sibuk sama kerjaan, apalagi lagi nyiapin beberapa  event dalam waktu berdekatan, jadinya nggak kepegang deh ini blog.

 

20160625_100318

Masih pada inget kan waktu saya cerita tentang terapi sengat lebah di Cibubur untuk kesuburan. Alhamdulillah sekarang saya sudah mengandung kurang lebih 9 minggu loh. Memang permasalahan setiap orang pasti berbeda-beda dan  rejekinya juga beda-beda tapi saya ingin berbagi pengalaman barangkali ada yang mempunyai permasalahan seperti saya dulu. Berawal dari baca-baca blog juga sih tentang terapi ini. Tapi apa salahnya dicoba kan. Oh iya, sebelum terapi saya memang cek n ricek kesehatan saya terlebih dahulu, kurangnya dimana, karena udah 2 tahun belum ada tanda-tanda juga.

Ternyata saluran tuba kiri saya tersumbat yang normal hanya yang kanan saja. Jadi kesempatan sperma bertemu indung telurlebih kecil. Saya sudah pernah coba pijat kesuburan,  HSG, fisioterapi, inseminasi saja sudah 2 kali, tapi saat itu belum berhasil juga. Prinsip saya waktu itu adalah setiap Tuhan memberikan ujian pastinya Dia akan memberikan jalan keluarnya. Hanya saja mau tidak kita berusaha mencari. Bukan cuma pasrah diam ditempat saja.  Bolak-balik ke rumah sakit atau ke tukang urut tiap minggu itu bukan cuma menguras tenaga dan kantong loh. Lebih beratnya sih ke mental ya. Sambil menunggu-nunggu berhasil nggak ya, berhasil nggak ya. Pasti pertanyaan itu selalu ada.

Selain itu saya juga lebih aktif sedekah (bukan bermaksud sombong loh ya), ada yang bilang banyak-banyak sedekah terutama kepada anak yatim dan orang yang tidak mampu. Alhamdulillah saya lebih rajin sedekah ke panti asuhan dan terkadang pas weekend saya bagi-bagi makanan ke pemulung atau orang yang tidak beruntung lainnya. Karena anak itu hak prerogatif Tuhan, saya cuma berusaha menunjukan kalau Insya Allah saya mampu jika diberikan amanat itu. Doa orang tua juga ngaruh banget pastinya, terutama ibu. Well, saya selalu minta di doain sama ibu, walaupun kata ibu nggak usah diminta juga pasti seorang ibu ngedoain. Hehehe

Kunjungan saya ke terapi sengat lebah totalnya 3 kali. Kunjungan pertama di sengat di 4 titik, kedua di 5 titik dan yang ketiga 6 titik. Sebelum kesana pastikan dulu yang kurang sehat dimananya, bair terapisnya tahu titik-titik akupuntur mana saja yang harus disengat.

Semoga informasi ini berguna bagi ibu-ibu yang mempunyai masalah seperti saya. Insya Allah dengan ikhtiar dan doa yang tiada henti, Allah akan selalu memberi jalan keluarnya. Doakan saya juga calon dedenya sehat sempurna sampai waktunya melahirkan nanti ya.

 

Padang Sidempuan dan tetek bengeknya

Apa yang melintas di pikiran kamu saat saya mengatakan nama kota Padang Sidempuan. Well , for some people they think its part of Padang. Bahkan saya pun berpikiran seperti itu waktu mendengar nama kota itu pertama kali. Pasti nanya “Itu sebelah mananya Padang yak? ” Hahaha.

Terkadang kita terlalu berpikiran terlalu jauh kedepan nyari kota-kota yang ada di luar negeri, padahal kota dalam negeripun masih banyak yang belum tahu. Contohnya saya (tunjuk hidung sendiri). Saya berkunjung ke kota ini juga karena misua orang asli sana. Kalau nggak, mungkin seumur hidup saya akan berpikir kalau Padang Sidempuan ya bagian dari Padang.

Nah lebaran kemaren adalah kali ketiga saya berkunjung kesana. Tujuannya sama saja sih seperti orang-orang pada umumnya orang mudik. Silahturahmi itu pastinya. Saya suka sekali mengamati budaya ditempat baru. Nah saya ceritakan pengalaman saya ya:

  • Lampu lalu lintas tidak berlaku disana. Disana itu ada loh lampu lalu lintas yang warnanya merah, kuning dan hijau tapi sama sekali nggak berguna. Banyak pula yang sudah rusak, entah sengaja atau nggak. Saya naik mobil atau motor mau lampunya berwarna merah kek, nggak bakal dianggep.  Tetep aja jalan, saya yang teriak-teriak deg-deg an. “Lampu merah, lampu merah berhenti!” Eh malah kata misua kalau nggak jalan malah di klakson dari belakang. Sampai ada saudara yang bilang lampu lalu lintas itu seperti lampu taman aja disana. Aduh, aturan macam apa ini. Pantesan sering macet padahal cuma di kota kecil.  Jangan tanya dimana Pak Pol ya, ada sih disekitar situ… tapi entahlah mungkin dia lelah.
  • Serba mie… Seminggu disana rasanya perut begah banget dengan makanan yang bersantan. Rasa-rasanya semua jenis masakan dikasih santan, cuma sayur bening aja yang nggak. Nah, saya pengin deh gado-gado. Ya elah masa isinya cuma kangkung, tauge seuprit, timun dan mie gomak. Mie gomak lagi, mie gomak lagi… bener-bener merubah citarasa gado-gado deh. Lidah saya yang jawa ini merasa di khianati sama varian gado-gado disana.
  • Jalanan yang rusak dimana-mana. Secara administrasi Kota Padang Sidempuan ini adalah salah satu Kotamadya di daerah Tapanuli Selatan. Tapi yang bikin ngenes itu jalan raya nya banyak yang berlubang, bahkan ditengah kota. Nggak ushalah jauh-jauh sampai pedalaman. Lihat saja depan pasar, depan kantor kotamadya dan bahkan DPR nya, depan mall pokoknya sekitar situ lah. Jalanannya jelek banget. Padahal jalan utama loh. Nggak ada yang mengkritisi kah? Atau mulutnya sudah di bungkamkah? Ah entahlah juga… Jangan tanya saya
  • Nemu makanan unik. Saya baru tahu kalau rotan bisa dimakan. Jadi ranting rotan muda di bakar. Setelah itu bakal keliatan isinya yang warnanya putih. Biasanya di campur dengan potongan bawang dan cabai rawit setelah itu jadi lauk deh. Rasanya agak sepet-sepet pahit. Mungkin kalau yang belum biasa kayak saya makan 2 biji aja udah cukup kali ya.

IMG-20160722-WA0046 IMG-20160722-WA0044

Rotan bakar
Rotan bakar
  • Sebagai daerah penghasil salak, nggak heran kalau sebenarnya daerah ini menyimpan pemandangan alam yang cantik. Kemaren saya menyasarkan diri ke Gunung Sibual-Buali. Sebenarnya menurut saya bukan exactly gunung sih, tapi memang lumayan tinggi. Sudah banyak cottage dan villa (mungkin) sampai kolam pemancingan. Waktu saya kesana, banyak juga muda-mudi yang maennya kesana. Yah, dimana lagi kalau mau refreshing. Apalagi pemandangannya cantik. Dan jangan salah saya nemu durian yang harganya murah loh. Jadi puas deh makan durian.

IMG-20160722-WA0042 IMG-20160722-WA0043

Gunung Sibual-Buali
Gunung Sibual-Buali

Well, kalau ditanyain soal bahasa saya nyerah ya. Nggak tahu sama sekali ya boo. Paling kalau diajak ngobrol dan mereka pakai bahasa asli, saya cuma senyum-senyum aja. Paling misua yang ngomong intinya sih nggak ngerti bahasa sana. Hahaha.

 

Curug Penganten yang Tersembunyi

Mudik lebaran kalau nggak diselingi jalan-jalan kayaknya kurang afdhol ya. Apalagi kalau muter ke saudaranya udah semua. Kemaren saya nyari sesuatu yang nggak biasa, maunya yang belum terlalu dikenal orang, nggak mainstream biar nggak dibilang pasaran.

Kalau ke daerah Tegal yang terkenal pastinya Guci, daerah pemandian air panas di kaki gunung Slamet. Saya nggak pengen kesana karena pasti penuh sesak manusia. Boro menikmati air panasnya . Nyari tempat buat duduk aja biasanya susah.

Searching-searching dan nanya di group akhirnya pilihan saya jatuh ke Curug Penganten. Sebenarnya nggak sulit aksesnya kesana. Apalagi tempatnya deket SMA 1 Bojong. Tapi karena namanya baru pertama jadinya bolak-balik nanya jalan plus keujanan gede pula. Saya nggak bawa jas hujan terpaksa harus ngiyup beberapa kali. Memang daerah ini terkenal dengan hujan lokalnya. Di Slawi Tegal panas ngentak-ngentak, eh daerah Bumijawa dan Bojong bisa jadi hujan sehari-hari.

Dan akhirnya kami sampai juga. Karena belum seterkenal curug lainnya jadi nggak terlalu ramai parkirannya. Hahaha. Iya, saya baru sampai parkirannya aja. Kalau ke curugnya harus turun ke pematang sawah. Turunannya itu loh licin banget. Pokoknya harus persiapan alas kaki yang kuat deh. Satu lagi, kita kan mau main di alam ya boo. Jadi nggak usah pakai dan bawa barang yang aneh-aneh deh. Mending kalau cuma nyusahin diri sendiri tapi seringnya nyusahin orang lain juga.

Walaupun di kampung, anak alay yang mau eksis ternyata ada juga. Udah tahu mau ke curug yang pasti becek dan berlumpur masih ada aja yang pake sandal selop tinggi. Ah, saya cuma bisa geleng-geleng kepala. Turunnya susah naiknya apalagi. Mungkin biar cantik kali ya, mungkin biar eksis kali ya, mungkin biar keren kali ya. Tapi ya  Mas Mba kan harus lihat tempat dulu mau kemana. Salah satu imbas sosial media salah satunya ya ini ;p

Oke, nggrundelnya udah. Sekarang balik lagi ke perjalanan kesana. Anyway, sebenarnya di satu lokasi itu ada 2 curug. Curug Penganten sama Curug Luhur, cuma beda arah aja. Karena saya kesana juga udah kesorean, saya memutuskan milih Curug Penganten aja karena kayaknya lebih bagus aja. Satu curug bercabang dua….cekidot.

20160713_150944
Curug Penganten dari samping

 

20160713_151826
Curug Penganten dari Tengah
20160713_151915
Penunggu Curug Penganten (ini misua deng ;p)