Dokter kandungan mana yang bagus sih?

Suka duka menunggu buah hati itu banyak cerita ya. Disini saya tidak merekomendasikan siapa-siapa hanya menceritakan pengalaman saya saat ikhtiar untuk mempunyai anak. Saya banyak mencoba dokter kandungan dan alhamdulillah semuanya baik. Ini sebagai referensi aja ya karena banyak juga teman-teman saya yang sedang program menanyakan ini,

Dokter mana yang bagus sih?

Bagus tidaknya dokter sebetulnya relatif ya. Tapi saya percaya dokter yang berumur lebih banyak pengalamannya, lebih tahu lika-likunya jadi lebih tahu tips dan tricknya. Hehehe. Makanya saya cari rumah sakit yang dokternya berumur. Mau rumah sakit swasta ataupun pemerintah sebetulnya sama saja. Menurut saya ya itu kemampuan dokternya kan. Saya sudah pernah program ke beberapa rumah sakit, tapi akhirnya ke RS Harapan Kita juga. Walaupun harus menempuh jarak 22 km dari rumah saya, tapi dijabanin juga. Waktu program hamil saya ketemu dengan dr. Agus Supriyadi yang memang bidangnya program kehamilan dari inseminasi sampai bayi tabung. Tepatnya di klinik Melati RS. Harapan kita. Yah walaupun saya sudah 2 kali inseminasi gagal juga tapi mungkin dengan informasi dari beliau jadi saya tahu caranya memperbesar peluang kehamilan. Apa-apa yang harus saya makan, apa yang harus saya kurangi dan apa saja yang harus saya lakukan.

Beliau enak diajak ngobrol kok, biar kita nggak lupa saya biasanya sudah menyiapkan daftar pertanyaan. Jadi nggak ada yang terlupa.

Selanjutnya adalah saat kehamilan. Sebenarnya sewaktu saya hamil saya lebih mencari yang lebih dekat dengan kantor biar gampang kalau kontrolnya.  Karena waktu itu pernah kontrol di RS Harapan kita ke dr. Gatot Abdurrazak tapi pasiennya banyak banget. Jadi saat itu saya merasa kelelahan nunggu dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Akhirnya berganti haluan. Hehehe

Akhirnya saya kontrol dengan dr. Noni di RS Jakarta di daerah Semanggi. dr Noni, orangnya detail, jadi kalau periksa agak lama. Nah ini malah jadi nilai tambahnya beliau. Penjelasan mengenai kondisi bayinya jadi rinci. Tapi menjelang umur 7 bulan saya ditangani 2 dokter obgyn karena kondisi saya yang kena diabetes gestasional. dr Noni menyarankan menemui dokter obgyn fetomaternal, untuk melihat dalemannya bayi. Akhirnya malah balik lagi ke RS. Harapan kita buat ketemu dr. Gatot Abdurrazak. Hahaha. Jodoh dokternya emang harus balik lagi ke dr. Gatot Abdurrazak.

Walaupun nunggunya lumayan, tapi tetap dijalanin dengan hati happy karena menunggu sang buah hati. ceilaaaahhh… beliau itu memang to the point penjelasannya, ga terlalu lama kalau periksa, tapi kayak udah tau semua. Ya itu pengalaman dan ilmu nya memang kali ya. Saya juga jadinya lega, karena setiap ada masalah dia langsung ngasih jalan keluarnya, ini.. ini.. ini. begitu.

Akhirnya saya melahirkan juga RS Harapan kita dengan beliau.

Nah sekian cerita dokter obgyn yang menurut saya bagus. Yang masih menunggu sang buah hati benar-benar harus selalu berusaha dan berdoa.

 

 

Iklan

Tips Mengajak bayi jalan-jalan keluar negeri pertama kali

Hi, ketemu lagi dengan saya, ibunya Abang Liam yang mood-mood an kalau nulis.

Kali ini mau nyeritain pengalaman saya bersama misua yang udah ngajak abang Liam jalan-jalan keluar negeri di umur nya yang baru 9 bulan. Sebenarnya si bayik udah diajak jalan-jalan dari umur 1 bulan. Ini diluar harus bolak-balik rumah sakit buat imunisasi yaa. Umur 1 bulan itu buat aqiqah di kampung halaman emaknya.  Naik mobil anteng-seantengnya. Bangun kalau pas mobilnya berhenti aja, mungkin karena nggak merasakan sensasi goyangan mobilnya kali ya. Kata orang kan, kalau bayi naik mobil itu kayak diayun.

Balik lagi cerita jalan-jalan ke luar negerinya. Kali ini nyobain rute yang deket dulu yaitu Bangkok, Thailand. Tentu saja banyak banget persiapannya. Paspor tentu saja harus ada ya. Saya mau cerita selain paspor ya. Ini dia nih segala persiapannya

Okey yang paling dipikirin pertama kali saat pergi-pergi sama bayi itu tentu saja makanannya. Abang Liam udah makan tapi tentu saja makanan khusus bayi. Selama ini saya selalu beli makanan bayi yang dijual itu sisa ditambahin daging dan sayur lagi. Bukannya nggak mau bikin loh ya. Tapi udah pernah bikin nasi tim sendiri si bayi kurang suka. yang ada sedikit banget makannya. Namanya emak-emak kan ya kalau liat anak susah makan galaunya kayak orang belum gajian. Akhirnya untuk trip ini saya beli makanan macem-macem buat bekal abang Liam nanti kayak makanan dalam jar yang lumayan mehong harganya, sebut aja Heinz. Satu jar itu bisa 60 ribu. Terus beli Peachy yang ternyata produk Thailand, beli milna entah itu yang biskuit dan bubur instantnya. Udah gitu keju (belybel), beli Nayz juga buat nasi timnya  dan abon. Nggak lupa bawa slow cooker, peralatan makan dan peralatan minum. Saya nggak bawa pemanas susu karena pasti akan mobile setiap hari. Karena abang Liam nggak mau nenen ditempat umum kecuali dikasur saya bawa peralatan susunya juga tuh, tapi tetep ASIP loh lengkap dengan tas Gabagnya. Tetep juga bawa ice gel nya. Hahaha, kebayang kan rempongnya.

Mungkin ini sekalian review produk makanan instan bayi ya. Karena memang ini pertama kalinya juga abang Liam makan-makanan yang heboh itu.

  1. Heinz: beli yang rasa daging sama ayam. Yang rasa daging nggak mau sama sekali dimakan. mungkin memang lidahnya udah orang Indonesia kali yak, dikasih yang sok-sok barat malah ogah, geleng-geleng mulu.
  2. Peacy: Ga doyan juga.
  3. Nayz: Yeay…akhirnya mau juga, bisa ditambahin macem-macem kayak keju, abon, ikan dll. Karena sudah bawa slowcooker biasanya saya masak dari jam 3 atau jam  subuh jadi pagi-pagi sudah ready. Kalau kami makan diluar lebih sering makan seafood terutama yang berkuah dan pesennya nggak pedes jadi abang Liam bisa makan.

Selanjutnya adalah masalah tempat nginep. Sempet pengen nginep pakai Air bnb, tapi setelah mempertimbangkan beberapa hal seperti: akses untuk kendaraan, jarak dan yang paling penting makanan. Hehehe Well, saya mau jalan-jalan dan pengennya nggak mau ribet buat masak-memasak, kecuali buat abang Liam. Kalau dihotel paling tidak saya bisa sarapan pagi dihotel dengan menu lengkap.  Siang dan malam sudah pasti makan diluar. Waktu di Thailand saya nginep disamping Pratunam market. bener-bener didaerah makanan. Ke pasar tinggal lompat, ke mall tinggal nyebrang.

Masalah selanjutnya seperti yang saya bilang sebelumnya adalah akses. Saya nggak mau dapet hotel murah tapi ternyata mau kemana-mana susah. Malah jadinya jatuhnya mahal. Makanya harus rajin-rajin browsing buat nyari dan baca review orang.

Next adalah transportasi.  Kalau saya pergi sendiri, mungkin sejauh perjalanan saya akan selalu pakai transportasi umum untuk menghemat biaya. Biar berasa feelnya jalan-jalan. Tapi karena ini harus gendong bayi dan bawa perlengkapan perang juga, kami menghindari tersasar dan harus turun naik kendaraan. Akhirnya waktu di Bangkok, hampir selalu naik grab kalau nggak Uber. Naik MRT hanya sekali saja waktu ke Asiatic Riverfront. Hehehe

Kursi Pesawat. Ini termasuk penting nih. Saya menggunakan Air Asia, maskapai sejuta umat yang harganya terjangkau. Awalnya ingin sekali duduk di hot seat atau kursi paling depan pesawat tapi ternyata waktu keberangkatan udah sold yang ada sisa pulangnya aja. Ternyata, waktu keberangkatan nggak ada kehebohan terjadi. Sempet deg-deg an juga sih. Takut abang Liam rewel, tapi ternyata sepanjang perjalanan malah bobo anteng. Bangun gara-gara laper dan itupun hampir sampai Bangkok. Kalau ditengah pembatas kursinya bisa dibuka jadinya dan kebetulan ada kursi yang kosong. Akhirnya Misua pindah ke tempat duduk yang kosong dan tempat duduk saya lega.

Beda lagi dengan kepulangan. Saya milih hot seat kan, karena saya pikir jarak antar satu kursi ke lainnya akan lebih lebar dan karena paling depan jadinya lebih nyaman. Tapi ternyata pembatas kursinya nggak bisa dibuka. Alhasil sempit, apalagi abang Liam maunya nempel kayak perangko sama emaknya mulu.

Baju bayi. Percaya deh, sebanyak apapun baju yang dibawa tapi yang namanya bayi pasti bakal kurang. Namanya bayi, cepet banget ganti bajunya. Entah belepotan karena makan lah, entah keringetan. Saya tetep nyuci baju bayi dihotel loh. Jemurnya ya sebisanya aja diatur di kamar mandi. Hehehe. Itupun tetep beli baju juga.

Gendongan ataupun stroller. Saya bawa keduanya, karena saya rasa pasti butuh keduanya. Dan betul dua-duanya dipakai. Bahkan gendongan saya bawa dua jenis, satunya yang model sling, satunya yang hipseat. Stroller saya pakai kalau jalan kakinya udah pasti bakal jauh atau lumayan lama. Kayak mau shopping atau cari makan. Untung hotel saya pas ditengah shopping center dan tempat makan. Sekali jalan biasanya saya bawa 2 jenis gendongan. Namanya bayi kadang mau di taruh di stroler, tapi ada kalanya minta gendong. Apalagi kalau waktunya makan, pasti harus digendong.

Segala kerempongan terbayar saat bisa bersama dengan keluarga kecil saya ke tempat baru, mencoba experience baru. Jalan-jalan bersama anak bisa jadi lebih melelahkan dan terkadang menguras emosi jadi yang paling penting kerjasama dan pengertian pasangan jadi modal utama kalau jalan-jalan sama si kecil.

Sementara itu dulu ya sharingnya. Kalau ada yang mau nambahin boleh loh.

IMG-20180110-WA0004[1]
Wat Po
IMG-20180110-WA0007[1]
Dekat Grand PAlace, ngejar burung dara
IMG-20180110-WA0002[1]
Rayong station
 

Kini saya resmi menjadi Ibu :D

Hai hai hai… 😀

Kalau penulis moody ya gini, bisa hilang berbulan-bulan nggak nulis. Maafkan yaa

Well, akhirnya setelah perjuangan panjang menuju dan akhirnya hamil, alhamdulillah sekarang saya sudah menjadi Ibu dan bayi saya sudah berumur 6 bulan. Wew.. tuh kan udah hampir 8 bulan nggak nulis. :p

Cerita melahirkan setiap ibu pasti berbeda-beda. Ada yang drama, ada juga yang lancar langsung plosnong kayak di jalan tol. Nah saya termasuk yang drama. Jadi hari itu tanggal 26 Maret 2017 saya udah muncul flek darah yang lumayan cukup banyak. Malam-malam jam 10 buru-burulah saya dan misua ke RS. Kan katanya salah satu tanda-tanda melahirkan kalau muncul bercak darah banyak. Udah heboh aja kan… Nggak ngerasain mules, cuma panik aja. sampai di RS masuk UGD terus diperiksa sana diperiksa sini diperiksa sini sejam kemudian disuruh pulang. Hahaha. Katanya belum pembukaan, mules aja nggak. Kalau mau lahiran itu mulesnya kayak dikrues-krues. Yah harap maklum pak dokter, kan pengalaman pertama. Hehehe.

Dirumah disuruh jalan kaki lama banget… eh malemnya bener-bener mules. Setiap beberapa menit sekali itu rasanya ngilu. Boyongan lagi ke RS deh, dicek ternyata pembukaan 2. Berarti bener mau lahiran ini. Waktu itu senen malem jam 1 pagi nunggu pembukaan sampai pembukaan 5 sampai hari Rabu tanggal 29. Bayangin donk rasanya kayak apa-apa. Ibu-ibu lain yang barengan masuk RS nya udah pada lahiran semua. Lah saya pembukaan 5 aja, 2 hari. Makan nggak bisa, tidur pun ga bisa. Badan rasanya udah babak belur. Waktu itu jam 2 siang, dokternya nawarin mau induksi atau sc aja. Saya merasa udah nggak sanggup akhirnya saya pilih sc. Tahu gitu dari awal sc aja yak. Hahaha (Kalau sekarang sih bisa ketawa tapi waktu itu boro-boro ketawa, senyum aja nggak !).

Akhirnya jam 3 siang saya udah diruang operasi. Wajah suami juga udah pias… was-was saya dan juga bayi kami. Akhirnya jam 15.30 bayi saya lahir. Lengkap dan sehat alhamdulillah.  Anyway, berat badan saya naik 25 kg sampai tiba saatnya melahirkan. Makanya pipi semua. Hehehe

Drama selanjutnya saya ceritakan chapter depan yak. Biar banyak. Hahaha

Hello world... :D
Hello world… 😀
It was me, 85 kg :p
It was me, 85 kg :p

 

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Sharing lagi yuk tentang kehamilan. Hehehe

Ibu hamil pasti banyak yang mengalami kaki bengkak apalagi di trisemester tiga kayak saya sekarang ini. Minggu lalu sempet bengkak gede banget, sampai masuk ke sepatupun ga bisa. Akhirnya saya pakai sandal aja kemana-mana.

Kata dokter ada beberapa indikasi kalau kaki bengkak saat hamil, diantaranya : darah tinggi atau hipertensi, kurang lancarnya aliran darah ataupun kecapean. Alhamdulillah waktu di tensi ternyata tekanan darah normal. Yang perlu diwaspadai itu hipertensi. Duh semoga jangan sampai ya…

Nah berikut ini tips untuk meringankan bengkak di kaki. beberapa sudah saya jalani dan lumayan mengurangi dan lainnya adalah pengalaman bumil yang lain

  1. Tidur dengan kaki lebih tinggi dari kepala. Yups, buat bumil yang kakinya bengkak bisa tidur dengan bantal sebagai alas kaki. Cuma agak sulitnya karena sekarang lebih sering tidur miring bukan telentang yang ada bantalnya malah ketendang-tendang. Jadi kalau saya disiasati dengan tidur tetap miring sambil meluk guling nah bawahnya guling ada bantal lagi buat alas deh. Walaupun kalau bangun udah nggak jelas lagi bantal itu ada dimana.
  2. Aktivitas olahraga ringan. Yups, bisa jalan kaki atau berenang. Berhubung kalau hari kerja mau jalan pagi itu susahnya minta ampun karena saya harus berangkat 6 pagi dari rumah maka saya alihkan jalan kakinya pas nyari makan siang aja dibelakang kantor. Hehehe. Dan untungnya saya suka berenang jadi setiap weekend pokoknya sekarang harus disempet-sempetin berenang. Keliatan banget perubahanya loh. Bengkaknya  jadi berkurang setelah berenang. Ditambah lagi kalau katanya berenang itu bagus untuk otot-otot persiapan melahirkan.
  3. Ada yang bilang kurangi garam. Tetangga saya sampai harus bedrest karena kakinya bengkaknya kebangetan. Mungkin ini yang dimaksud kaki bengkak karena hipertensi ya. Jadi memang harus bisa atur menu makan sih. Sekarang saya bela-belain masak sendiri walaupun pulang ngantor udah malem dan kadang udah ngantuk. Pagi sisa masak sayurnya aja . Daripada beli diluar terus, nggak jelas masaknya gimana. Yang jelas kalau saya masak sendiri nggak pernah pakai penyedap rasa. Kalau sempet mending pakai kaldu yang bikin sendiri dari rebusan daging.
  4. Saat duduk di kantor kaki harus napak. Yups, sekarang saya sudah sedia kardus buat jadi alas kaki saya kalau duduk biar  kakinya nggak gantung.

Pada tahap ini apapun yang terjadi dengan perubahan tubuh saya selalu saya nikmati dan syukuri. Walaupun badan udah bengkak hampir 20 kg, tapi demi dede bayi apapun dilakukan. Bismillah ya nak, semoga sehat terus sampai waktunya nanti

Source : https://kesehatandia.blogspot.co.id/2015/06/kaki-bengkak-saat-hamil.html

Diabetes Gestasional pada ibu hamil

Yang mau cerita suka duka jadi bumil gabung disini yuk!!!

Ceritanya kemaren tanggal 14 Januari lagi seneng-senengnya kontrol dede bayi ke dokter apalagi bisa  lihat muka manisnya apalagi sudah memasuki usia 7 bulan :D. Sebulan sebelumnya memang disuruh cek darah dan cek ke dokter fetomaternal juga, cuma karena hasilnya angka-angka dan nggak dapat penjelasan lengkap dari dokternya jadi memang harus kembali lagi ke dokter kandungan awal.

Nah setelah masuk ke ruangan dokter Nonny di RS Jakarta, beliau  agak mengernyitkan dahi setelah baca hasil lab saya. Pertama hasil gula darah pas puasa 93 tapi setelah di kasih air gula jadi tinggi yaitu 190 dan itu termasuk tinggi, bisa-bisa suspect diabetes.

Nah setelah itu hasil dari dokter fetomaternal, alhamdulillah semua organ bayinya normal tapi untuk usia 7 bulan beratnya cuma 900 gram itu kurang. Akhirnya gantian saya yang langsung pusing. Selama ini saya udah naik hampir 15 kg loh, makan mulu juga tapi karena ada permasalahan di plasenta jadi nutrisinya ga keserap 100 % sama bayinya, eh giliran  di USG lagi ternyata air ketuban saya kurang. Ya Allah, sedih banget saya. Kok buat dedenya banyak kurangnya dan baru ketahuan sekarang. Akhirnya saya disuruh rawat inap untuk observasi dan yang paling penting lagi sih untuk menjaga bayi saya tetap sehat.

saya juga dirujuk ke dokter internis katanya memang ada kasus dimana pada saat hamil mengalami gula darah yang tinggi, walaupun sebelumnya nggak pernah ada indikasi punya gula darah tinggi. Bisa jadi bawaan bayi atau keturunan. Nah dari situ saya harus menjaga makan saya tapi tetap harus makan protein dan zat besi sebanyak-banyaknya seperti daging dan telur.

Seumur-umur baru kali itu saya harus rawat inap, tapi demi dede bayi apapun saya lakukan, karena dengan kondisi seperti ini yang dikhawatirkan dede bayi lahir prematur padahal organ tubuhnya belum siap semua. Jadi apa yang dokter katakan saya ikuti semua. Padahal saya itu phobia jarum suntik loh. Jadinya awal mau diinpus malah bengkak, alhasil malah harus pindah dan kena suntik lagi.

Seminggu dirawat rasanya seperti setahun, bergerak cuma ke kamar mandi aja. Apalagi cairan yang dimasukan saya agak pekat jadi berasa cenat-cenutnya waktu di infus. Dan harus ganti tempat 3 kali di tangan karena tangan saya berkali-kali bengkak. Mungkin ini ujian ya… demi kehadiran sang buah hati. Seberapa besar saya rela berkorban demi dia dan seberapa ikhlas saya menerima amanah ini.

Bidan yang ada di RS Jakarta, kontrol saya sehari 3 kali untuk memeriksa denyut jantung dedenya, dokter kandungan dan dokter internis pun selalu datang setiap harinya. Jadi makan saya terkontrol walaupun setiap mau makan harus disuntik insulin sampai melahirkan nanti, tapi Insya Allah saya ikhlas demi dede bayi 😀

Alhamdulillah dirawat seminggu berat dedenya nambah hampir 350 gram lebih dan minggu kemaren saya kontrol lagi pun sudah 1400 gram. Besok saya mau kontrol lagi karena sekarang harus setiap minggu kontrolnya, semoga dia sudah bertumbuh besar.

Oh iya yang perlu dijaga oleh saya sekarang ini tentu saja pola makan ya. Susu protein yang saya minum itu nutrican, dan setiap hari harus makan daging dan telur. Yang terpenting lagi harus mengurangi karbohidrat dan selalu minum air putih sebanyak-banyaknya. Biasanya sehari saya minum sampai 4 botol hampir 3 liter ya untuk mencegah air ketubannya kurang. Yang menggoda banget sih gorengan yah, tapi inget gorengan itu banyak tepungnya jadi dia termausk karbohidrat juga.

Pernah kemaren saya salah makan karena ada acara kumpul di komplek dan khilaf makan gorengan dan jumlahnya agak banyak kali ya, saya juga lupa berapa. eh sorenya di tes langsung tinggi. Pokoknya sekarang gorengan kalau pengin banget pun saya batasi dan bener deh jangan lupa cek gula darah mandiri, biar bisa kontrol makannya

Semoga setelah melahirkan nanti diabetes gestasional saya hilang setelah melahirkan dan dede bayinya sehat-sehat .. Amiin

 

Hasil gambar untuk bayi lucu

 

Sebelah Negeri Laskar Pelangi a.k.a Kepulauan Bangka

Sembari menunggu datangnya sore setelah semua kerjaan beres akhirnya bisa nge blog juga. Aktivitas yang sudah jarang-jarang saya lakukan dengan alasan males sibuk. Kali ini saya mau cerita tentang jalan-jalan saya ke Pangkal Pinang Kep Bangka Belitung dalam rangka jalan-jalan sambil kerja. Eh kebalik ding !

Pantai Parai Kepulauan Bangka.
Pantai Parai Kepulauan Bangka.

Banyak yang nyangka kalau ke Pangkal Pinang itu ya pasti ke Belitung, begitupun saya, karena awalnya saya mengira kalau Pangkal Pinang dan Belitung itu satu pulau. Nyatanya mereka adalah 2 putri yang tertukar pulau yang berbeda. Pangkal Pinang adalah ibukota provinsi Bangka Belitung dan terletak di Pulau Bangka. Nah, ternyata Belitung itu beda pulau lagi. Padahal saya ngidam banget pengin lihat pantai yang buat shooting Laskar Pelangi. Awalnya merasa, ihhh dodol banget sih saya… peta Indonesia aja belum hapal. Tapi nyatanya pemandangan di Pulau Bangka ini menarik juga kok apalagi kulinernya. Mantaaappp!!!

Saya sempetin seharian muter-muter Pangkal Pinang setelah kerjaan selesai. Sengaja milih pesawatnya paling sore, biar bisa jalan-jalan. Tujuan pertama adalah Parai Beach Resort dan pemandangannya bikin saya merinding. Ternyata typical pantai di Bangka nggak kalah dengan pantai di Belitung. Batuan-batuan besar , pasir putih yang lembut, airnya jernih ditambah lagi suasana resortnya yang oke punya. Betah deh berenang di situ, apalagi ngga ada ombak dan pantainya juga landai. Kalaupun cuma mau nongkrong dan foto-foto doank juga oke. Nyiur melambainya bikin ngantuk. Anyway, kandungan saya udah 4 bulan dan alhamdulillah emaknya dedeknya seneng.

20161026_12222320161026_121311

Nah disini juga ada bangunan yang menarik namanya Puri Tri Agung yang berlokasi di kawasan Pantai Tikus Sungailiat Kabupaten Bangka dan yang unik lagi tempat ini adalah kawasan tempat ibadah/sembahyang bagi Agama Budha, Khongfutze dan Laotze. Jadi ada 3 patung dalam satu tempat ibadah. Tempatnya keren ada diatas bukit dan bisa melihat lautan yang membentang luas apalagi di tambah angin yang semilir sepoi-sepoi. Rasanya adem ayem disini. Selain itu interior nya dan arsitektur bangunanya juga keren. Dominan warna emas dan merah bikin Puri Tri Agung ini jadi lebih eyecatching. 

20161026_104807.jpg
Puri Tri Agung
20161026_110031
3 kepercayaan satu tempat ibadah
20161026_110332
Dupa di Puri Tri Agung

Nah terakhir saya berkunjung ke Locomotive, tempat hang out yang konsepnya menarik banget. Disitu ada galeri seni seperti lukisan dan kerajinan tangan karya asli sana. Apalagi gimmick-gimmick interiornya juga unik jadi betah disana. Selain ada restauran, galeri seni, ada juga permainan air loh kayak speed boat, banana boat dan lain-lain. Yang lebih penting lagi disana ada yang namanya penangkaran penyu. Disitu bakal dikasih liat tempat bertelurnya penyu, tempat penyu menetas, tempat karantina penyu sebelum di lepaskan ke laut dan ada juga fasilitas learning untuk konservasi. Tempat menarik ini bisa jadi pilihan buat wisata dan juga edukasi.

Bumil yang maunya tetep eksis :D
Bumil yang maunya tetep eksis 😀
The Locomotive Pangkal Pinang
The Locomotive Pangkal Pinang
Penangkaran penyu di The Locomotive
Penangkaran penyu di The Locomotive
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya

Jangan lupa icip-icip kulinernya yang khas disini adalah Luwah kuning yang terbuat dari kepala ikan tenggiri, rasanya seger banget. Walaupun kelihatannya kental banget tapi nggak bikin eneg karena memang rasa jeruk dan segernya berasa banget. Selain itu cobain juga otak-otak ikan tenggiri asli Pangkal Pinang yang ikan tenggirinya berasa banget, pokoknya beda deh dengan otak-otak yang selama ini makan.

Kepulauan Bangka Belitung ini terkenal sama timahnya. Dulu waktu timah masih berjaya sebutannya emas hitam karena memang harganya tinggi. PT Timah masih ada di Kepulauan Bangka walaupun katanya prediksi untuk mendapatkan timah di Bangka hanya 20 tahun lagi. Disini bakal banyak di lihat kapal-kapal dilaut yang menyedot timah didalam laut. Kalau di Kepulauan Belitung katanya kapal-kapal pengebor timah sudah di usir  karena masyarakatnya sadar karena penambangan timah bisa merusaha sumber daya alamnya dan mereka menggantungkan hidupnya dengan wisata. Well, Laskar Pelangi jadi magnet kuat memang untuk wisata disini.

Rugi pokoknya kalau belum pernah menginkan kaki di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Sudah 5 bulan :D

Ternyata sudah hampir 3 bulan lebih saya nggak nulis ya. Kandungan saya sudah menginjak 22 minggu sekarang. Udah ngerasain suka dukanya terutama di 4 bulan awal kemaren. Terutama mual dan muntal hebat, tapi alhamdulillah selalu dinikmati dan disyukuri. Setiap makan dikit aja muntah lagi dan muntah lagi sampai pernah keluar darah, sempet takut sih. Alhamdulilah periksa ke dokter katanya nggak apa-apa

Apa kabar dengan loading pekerjaan? tentu saja bukannya berkurang malah bertambah. Maklum saja ini menjelang akhir tahun, jadi semua harus selesai.

Saya mengeluh, tentu tidak. Capek, pastinya. Tapi saya selalu yakinkan diri kalau saya mampu dan saya kuat. Kecuali kalau badan nggak bisa diajak kompromi lagi saya akan ijin kepada atasan dan rekan-rekan saya. Alhamdulillah, mereka semua peduli  tapi itu tidak membuat diri saya manja. Selama masih bisa saya kerjakan, pasti saya kerjakan.

Sebenarnya saya melihat mama saya dulu. Menurut beliau, kalau hamil nggak boleh manja apalagi males-malesan. Nanti anak juga jadi manja dan males-malesan. Selama masih bisa dikerjakan dan badannya masih mampu ya harus diusahakan dikerjakan. Well, saya juga berharap anak saya nantinya jadi orang yang pekerja keras dan cerdas kayak emaknya. Hehehe. Namanya doa boleh dong ya.

Jangan salah ya, walaupun hamil begini saya masih sering keluar kota loh. Dari Pekanbaru, Pangkal Pinang, Lampung , Jogja, Bandung, Makassar dan lain-lain. sebagian temen sih ada yang nanya, nggak kasihan tuh sama calon bayinya. Alhamdulillah, saya sayang banget bayi saya dan saya juga selalu periksa ke dokter sebelum dinas luar kota untuk memastikan dedenya sehat. Emaknya suka traveling sih, kalau di rumah doank malah berasa suntuk dan bosannya. Hehehe. Kayaknya nih kalau dedenya lahir bakal suka jalan-jalan deh. Insya Allah bakal nemenin emaknya keliling dunia ya nak :p

Untuk yang masih ikhtiar tetep semangat ya, saya yakin Allah selalu mendengar doa-doa kita. Malah saya sering diberi berkah yang tak terduga dan  yang penting jangan pernah putus asa. Mungkin Allah mau menguji kita seberapa inginnya  kita untuk diberi keturunan, seberapa jauh usaha kita untuk mendapatkan keturunan, seberapa layak kita menjadi orang tua.

Doakan saya dan calon baby saya selalu sehat dan lahir dengan selamat.

daehan-minguk-manse

                                                                              Sumber : google

Anyway, calon bayi saya adalah laki-laki.  Mohon doanya  ya  😀