Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Sharing lagi yuk tentang kehamilan. Hehehe

Ibu hamil pasti banyak yang mengalami kaki bengkak apalagi di trisemester tiga kayak saya sekarang ini. Minggu lalu sempet bengkak gede banget, sampai masuk ke sepatupun ga bisa. Akhirnya saya pakai sandal aja kemana-mana.

Kata dokter ada beberapa indikasi kalau kaki bengkak saat hamil, diantaranya : darah tinggi atau hipertensi, kurang lancarnya aliran darah ataupun kecapean. Alhamdulillah waktu di tensi ternyata tekanan darah normal. Yang perlu diwaspadai itu hipertensi. Duh semoga jangan sampai ya…

Nah berikut ini tips untuk meringankan bengkak di kaki. beberapa sudah saya jalani dan lumayan mengurangi dan lainnya adalah pengalaman bumil yang lain

  1. Tidur dengan kaki lebih tinggi dari kepala. Yups, buat bumil yang kakinya bengkak bisa tidur dengan bantal sebagai alas kaki. Cuma agak sulitnya karena sekarang lebih sering tidur miring bukan telentang yang ada bantalnya malah ketendang-tendang. Jadi kalau saya disiasati dengan tidur tetap miring sambil meluk guling nah bawahnya guling ada bantal lagi buat alas deh. Walaupun kalau bangun udah nggak jelas lagi bantal itu ada dimana.
  2. Aktivitas olahraga ringan. Yups, bisa jalan kaki atau berenang. Berhubung kalau hari kerja mau jalan pagi itu susahnya minta ampun karena saya harus berangkat 6 pagi dari rumah maka saya alihkan jalan kakinya pas nyari makan siang aja dibelakang kantor. Hehehe. Dan untungnya saya suka berenang jadi setiap weekend pokoknya sekarang harus disempet-sempetin berenang. Keliatan banget perubahanya loh. Bengkaknya  jadi berkurang setelah berenang. Ditambah lagi kalau katanya berenang itu bagus untuk otot-otot persiapan melahirkan.
  3. Ada yang bilang kurangi garam. Tetangga saya sampai harus bedrest karena kakinya bengkaknya kebangetan. Mungkin ini yang dimaksud kaki bengkak karena hipertensi ya. Jadi memang harus bisa atur menu makan sih. Sekarang saya bela-belain masak sendiri walaupun pulang ngantor udah malem dan kadang udah ngantuk. Pagi sisa masak sayurnya aja . Daripada beli diluar terus, nggak jelas masaknya gimana. Yang jelas kalau saya masak sendiri nggak pernah pakai penyedap rasa. Kalau sempet mending pakai kaldu yang bikin sendiri dari rebusan daging.
  4. Saat duduk di kantor kaki harus napak. Yups, sekarang saya sudah sedia kardus buat jadi alas kaki saya kalau duduk biar  kakinya nggak gantung.

Pada tahap ini apapun yang terjadi dengan perubahan tubuh saya selalu saya nikmati dan syukuri. Walaupun badan udah bengkak hampir 20 kg, tapi demi dede bayi apapun dilakukan. Bismillah ya nak, semoga sehat terus sampai waktunya nanti

Source : https://kesehatandia.blogspot.co.id/2015/06/kaki-bengkak-saat-hamil.html

Iklan

6 thoughts on “Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. naik 20kg? wehh.. kehamilan anak pertama cenderung kita loss berat badan, makan buat berdua. Saya juga gitu naik 15kg, tapi begitu anak kedua, makannya buat porsi sendiri saja, berat badan paling naik 7kg. Ada pengaruhnya kali ya. Aya cenderung montok mengarah kegemukan sekarang, dede ramping tapi berisi. hehehe

    1. maunya juga tetep langsing bde, kayka aris-artis itu.. hehehe. tapi kemaren waktu sakit ternyata bayinya kurang berat badan. Makananx cuma masuk ke mamaknya semua :((. Sekarang malah disuruh makan terus jadi bengkak deh.. hehehe
      PR nya kalau udah ahiran ya bude.. gimana nuruninnya.. hehehe

  2. Lancar-lancar terus ya bumilll… Gapapa bengkak begitu, proses 😀

    Doakan saya biar bisa nyusul jadi bumil juga yah, kurus banget skrg, semoga jadi bumil nanti terus nambah berat badan haha 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s