Sebelah Negeri Laskar Pelangi a.k.a Kepulauan Bangka

Sembari menunggu datangnya sore setelah semua kerjaan beres akhirnya bisa nge blog juga. Aktivitas yang sudah jarang-jarang saya lakukan dengan alasan males sibuk. Kali ini saya mau cerita tentang jalan-jalan saya ke Pangkal Pinang Kep Bangka Belitung dalam rangka jalan-jalan sambil kerja. Eh kebalik ding !

Pantai Parai Kepulauan Bangka.
Pantai Parai Kepulauan Bangka.

Banyak yang nyangka kalau ke Pangkal Pinang itu ya pasti ke Belitung, begitupun saya, karena awalnya saya mengira kalau Pangkal Pinang dan Belitung itu satu pulau. Nyatanya mereka adalah 2 putri yang tertukar pulau yang berbeda. Pangkal Pinang adalah ibukota provinsi Bangka Belitung dan terletak di Pulau Bangka. Nah, ternyata Belitung itu beda pulau lagi. Padahal saya ngidam banget pengin lihat pantai yang buat shooting Laskar Pelangi. Awalnya merasa, ihhh dodol banget sih saya… peta Indonesia aja belum hapal. Tapi nyatanya pemandangan di Pulau Bangka ini menarik juga kok apalagi kulinernya. Mantaaappp!!!

Saya sempetin seharian muter-muter Pangkal Pinang setelah kerjaan selesai. Sengaja milih pesawatnya paling sore, biar bisa jalan-jalan. Tujuan pertama adalah Parai Beach Resort dan pemandangannya bikin saya merinding. Ternyata typical pantai di Bangka nggak kalah dengan pantai di Belitung. Batuan-batuan besar , pasir putih yang lembut, airnya jernih ditambah lagi suasana resortnya yang oke punya. Betah deh berenang di situ, apalagi ngga ada ombak dan pantainya juga landai. Kalaupun cuma mau nongkrong dan foto-foto doank juga oke. Nyiur melambainya bikin ngantuk. Anyway, kandungan saya udah 4 bulan dan alhamdulillah emaknya dedeknya seneng.

20161026_12222320161026_121311

Nah disini juga ada bangunan yang menarik namanya Puri Tri Agung yang berlokasi di kawasan Pantai Tikus Sungailiat Kabupaten Bangka dan yang unik lagi tempat ini adalah kawasan tempat ibadah/sembahyang bagi Agama Budha, Khongfutze dan Laotze. Jadi ada 3 patung dalam satu tempat ibadah. Tempatnya keren ada diatas bukit dan bisa melihat lautan yang membentang luas apalagi di tambah angin yang semilir sepoi-sepoi. Rasanya adem ayem disini. Selain itu interior nya dan arsitektur bangunanya juga keren. Dominan warna emas dan merah bikin Puri Tri Agung ini jadi lebih eyecatching. 

20161026_104807.jpg
Puri Tri Agung
20161026_110031
3 kepercayaan satu tempat ibadah
20161026_110332
Dupa di Puri Tri Agung

Nah terakhir saya berkunjung ke Locomotive, tempat hang out yang konsepnya menarik banget. Disitu ada galeri seni seperti lukisan dan kerajinan tangan karya asli sana. Apalagi gimmick-gimmick interiornya juga unik jadi betah disana. Selain ada restauran, galeri seni, ada juga permainan air loh kayak speed boat, banana boat dan lain-lain. Yang lebih penting lagi disana ada yang namanya penangkaran penyu. Disitu bakal dikasih liat tempat bertelurnya penyu, tempat penyu menetas, tempat karantina penyu sebelum di lepaskan ke laut dan ada juga fasilitas learning untuk konservasi. Tempat menarik ini bisa jadi pilihan buat wisata dan juga edukasi.

Bumil yang maunya tetep eksis :D
Bumil yang maunya tetep eksis 😀
The Locomotive Pangkal Pinang
The Locomotive Pangkal Pinang
Penangkaran penyu di The Locomotive
Penangkaran penyu di The Locomotive
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya
Dipisah-pisah kolamnya menurut umurnya

Jangan lupa icip-icip kulinernya yang khas disini adalah Luwah kuning yang terbuat dari kepala ikan tenggiri, rasanya seger banget. Walaupun kelihatannya kental banget tapi nggak bikin eneg karena memang rasa jeruk dan segernya berasa banget. Selain itu cobain juga otak-otak ikan tenggiri asli Pangkal Pinang yang ikan tenggirinya berasa banget, pokoknya beda deh dengan otak-otak yang selama ini makan.

Kepulauan Bangka Belitung ini terkenal sama timahnya. Dulu waktu timah masih berjaya sebutannya emas hitam karena memang harganya tinggi. PT Timah masih ada di Kepulauan Bangka walaupun katanya prediksi untuk mendapatkan timah di Bangka hanya 20 tahun lagi. Disini bakal banyak di lihat kapal-kapal dilaut yang menyedot timah didalam laut. Kalau di Kepulauan Belitung katanya kapal-kapal pengebor timah sudah di usir  karena masyarakatnya sadar karena penambangan timah bisa merusaha sumber daya alamnya dan mereka menggantungkan hidupnya dengan wisata. Well, Laskar Pelangi jadi magnet kuat memang untuk wisata disini.

Rugi pokoknya kalau belum pernah menginkan kaki di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s