Komunitas Muslim Indonesia di Manchester UK

Jangan gundah gulana kalau merasa sendiri karena merasa diri minoritas di negara lain terutama di Europe.

Setahu saya, rata-rata pasti punya perkumpulan dan berawalan dengan PPI. Kalau di Manchester namanya Persatuan Pelajar Indonesia – Greater Manchester (PPI-GM). Yah walaupun bukan hanya pelajar saja sebenarnya. Orang Indonesia yang bekerja disini dan akhirnya bergabung juga banyak kok. Saling tukar informasi atau sekedar kumpul-kumpul, mempererat tali silahturahmi dan akhirnya merasa ga sendiri karena mera “ada teman” yah walaupun kalau balik ke flat lagi yang cuma sekotak itu ya tetep sendiri, tapi lumayan kan.

Untuk menjadi baik atau tidaknya seseorang itu adalah pilihan individu ya. Kalau mau dibilang di luar negeri banyak orang suka minum-minum, pergaulan bebas, clubbing, pokoknya yang jelek-jelek. Yah kalau mau dibilang seperti itu di Indonesia juga banyak. Pinter-pinter manusianya aja sih. Hehehe

Keluarga PPI GM
Keluarga PPI GM

Camera 360

Makanya biar saya tetep lurus nggak ngikut yang aneh-aneh, saya merasa harus membekali diri dengan agama dan dikelilingi orang-orang sholeh yang ilmunya lebih tinggi dari saya. Untungnya PPI GM di Manchester aktif banget ngadain pengajian. Bukan cuma belajar ngaji tapi ada juga sesi ceramah atau curhat sampai  guyon loh.  Kalau perempuannya ada juga group liqo biasanya lebih kecil sih sizenya jadi lebih fokus gitu. Dunia memang harus dikejar tapi akhirat dimana semua akan berakhir, jadi harus seimbang (again, ngomong beginian saya berasa tua banget :p)

Dan yang paling dinanti lagi kalo pas pengajian itu makan masakan Indonesia. Rasanya tuh nikmat banget. DItambah lagi biasanya kita bisa beli makanan khas Indonesia seperti tempe, kecap ABC, dll ya disini. Acaranya sih selalu bergiliran setiap bulan, jadi sekalian jalan-jalan.

Kalau boleh jujur selama di Palu, mana pernah saya ikutan beginian. Kalaupun mau belajar agama ya harus nyari sendiri, lebih tepatnya sih karena kebanyakan maen ya.. Hehehe. Disini saya ketemu banyak orang hebat dan pintar. Kalau denger pengalaman hidupnya rasanya perjuangan saya cuma seuprit, bahkan sekuku jari pun tidak ada. Ada Pak Heru yang pembua tpesawat terbang di Inggris (Inggris aja ngimpornya dari Indonesia loh), Ibu Santi dan Bapak yang sama-sama nuntut ilmu disini, anaknya tetap berprestasi walaupun orang tuanya jauh mereka tetap mendidik dari  jauh, Mbak Fitri seorang penulis buku cerita anak dua bahasa (next mau bikin 3 bahasa katanya, bahasa Jawa biar bahasa daerah nggak punah) masih banyak yang lain yang saya nggak bisa cerita satu persatu.

Jadi penginnya maen sama belajar itu seimbang, baik yang didunia sama diakhirat. Apalagi sekarang udah jadi istri dan ingin jadi ibu nantinya. Ngumpul sama ibu-ibu ini sekalian belajar parenting, apalagi ada mbak Devi yang doktornya ilmu ini. Hehehe. Jadi semangat deh. Anaknya penginnya rajin, sholeh and pinter tapi kalau orang tua nya nggak bisa bimbing kayaknya imposibble deh.

Mulai dari diri sendiri *

20 thoughts on “Komunitas Muslim Indonesia di Manchester UK

  1. Hai mbak Tika..
    Apakah masih aktif blog nya?

    Kebetulan minggu depan tgl 16-20 januari 2015 ini saya akan ke manchester berasama istri yang sama2 berdarah sulawesi seperti mbak.. Hehehe

    Alhamdulillah saya mendapat reward dari manchester city FC utk nonton langsung disana pada tgl 18..

    Memang sih kemungkinan saya dan istri akan dijemput oleh staff mcfc nya sendiri, tapi tetap saja kalau tidak bertemu saudara setanah air akan sungkan.. Apakah bisa kita meet up mbak? Hanya untuk sekedar silaturahmi disana dan memberi info tempat makan2 yg halal tentu nya, karena saya dan istri muslim..

    Terima kasih mbak Tika🙂

    Regards,
    @Rezalatas

  2. Assalamualaikum wr.wb. rekan2 Muslim di Manchester (UK),

    Perkenalkan saya Novi Muchtar, saya adalah penggagas program “Gerakan Qurbanku Masuk Desa” yang alhamdulillah tahun ini sudah mulai berjalan. Didasari perasaan yang campur aduk tentang distribusi daging qurban di kota besar, dimana justru orang2 yang mampu yg mendapat jatah daging qurban dan cenderung justru mubazir, maka tercetuslah ide bersama teman2 muslim sekantor untuk melahirkan ide ini sekitar pertengahan Februari 2015. Kami mencoba mengakomodir pelaksanaan qurban yg insyaallah akan lbh tepat sasaran sekaligus lbh terjangkau daru sisi harga hewan qurban (domba). Dan syukur alhamdulillah respon yg kami dapatkan sungguh diluar dugaan. Total hewan qurban yg telah terkumpul ada 47 ekor domba sampai bulan April 2015. Insyaallah seluruh hewan qurban tsb akan kami salurkan langsung tanpa perantara ke berbagai desa tertinggal dan mushola2 kecil di Kab Semarang dan sekitarnya. Untuk itu kami coba menawarkan gagasan ini kepada rekan2 muslim di Manchester (UK) bilamana berminat untuk bergabung sekaligus berbagi dalam bentuk hewan qurban untuk saudara2 muslim kita di Kab Semarang.
    Demikian ide sekaligus ajakan berqurban dari kami untuk rekan2 muslim di manchester.
    Terima kasih dan Asalamualaikum wr.wb
    Salam Novi Muchtar dari Jakarta Indonesia

  3. Perkenalkan saya Novi Muchtar, kebetulan sekitar pertengahan Feb 2015 tanpa sengaja saya dan beberapa rekan muslim lainya sempat berdiskusi tentang ibadah qurban. Didasari perasaan yang campur aduk tentang proses distribusi daging qurban yang menurut kami tidak tepat sasaran dan cenderung mengarah ke mubazir maka dari diskusi tersebut munculah ide untuk membuat program “Gerakan Qurbanku Masuk Desa”, yg alhamdulillah sejak akhir Feb 2015 sudah bisa kami sosialisasikan. Ide dasarnya adalah kami akan menfasilitasi pelaksanaan ibadah qurban yg insyaallah lbh tepat sasaran dan lbh terjangkau dari sisi harga. Syukur alhamdulillah, sungguh diluar dugaan respon yg kami dapat sngt positif, total telah terkumpul 47 ekor domba yg siap diqurnbankan sampai akhir April 2015. Insyaallah, seluruh hewan qurban tsb akan kami salurkan langsung tanpa perantara kpd saudara2 muslim kita yg memang jauh lbh membutuhkan daging qurban di beberapa desa tertinggal di wilayah Kab Semarang dan sekitarnya. Dalam kesempatan ini kami ingin berbagi ide ini sekaligus menyerukan ajakan untuk berbagi kebahagiaan dng saudara2 muslim kita di Kab Semarang dlm bentuk daging qurban. Alamat peternakan kami di jl cahyorejo no.8. Mrican, Salatiga, Jateng. novi.pamungkad@gmail.com.

    Kami ucapkan terimakasih atas kesempatan ini
    Asalamualaikum wr.wb
    Salam dari Indonesia
    Novi Muchtar

  4. Assalamualaikum.
    Saat ini, kondisi saya masih 0, hanya modal ijazah S1 Fakultas Ekonomi Undip, tapi akhir2 ini muncul keinginan untuk hidup di Manchester.
    Apakah ada kontak yg bisa dihubungi, Mbak? Saya mau nanya2 perihal kemungkinan hidup disana.
    Terima kasih,
    Wassalamualaikum,
    Zakki

    1. Hi Zakki,

      Kalau mau sekolah disana mending saran saya cari beasiswa seperti LPDP misalnya.
      Biasanya lebih mudah.
      Kalau hidup disana, untuk kerja misalnya saya kurang tahu. setau saya itu agak sulit

  5. Assalamualaikum teman teman…
    Salam kenal…
    Nama saya Ro’yall dan saya punya rencana untuk mengunjungi teman dan teman saya berjanji memberikan saya pekerjaan di manchester bulan ini.
    Saya masih bingung tentang visa untuk england.
    Bisa saya minta penjelasan tentang pembuatan visa turis dan persyaratannya.
    Dan minta penjelasan tantangan2 yang akan saya hadapi bila saya bekerja di UK.
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalam

    1. Hi Ain..
      Bener nggak manggilnya gitu.. hehehe

      Setau saya bisa kerja dan visa turis berbeda Ain. Kalau visa turis persyaratannya mungkin nggak terlalu banyak, yg jelas ada harus ada tabungan sekitar 70 jt an (kalau ga berubah ya) nah saya kurang tau nih kalau visa kerja. Karena setau saya itu lebih ribet.
      Saran saya, pastikan kembali ke teman Ain ttg pekerjaan itu. Karena tidak mudah nyari kerjaan di UK apalagi untuk orang di luar resident.

      Gud Luck

  6. Assalamualaikum dulur,…..
    Slam kenal,..
    Saya eko dari surabaya,mau tanya ni,saya kan berkesempatan bekerja di milestone hotel,waktu saya tinggal 1 hari untuk mengambil keputusan,pingin banget sih kerja di Uk,tapi saya kan belum ada yg kenal,dan komunikasi saya masih sangat kurang.mohon saran dan tolong di bantu ,apa bila jadi sebelum tanggal 10 april harus sudah di UK,ada yg bisa di hubungi nggak,edisi mohon bantuan
    Terima kasih,…
    Wassalam

  7. Hi .. aku Mega, kebutuhan aku tanggal 18 mei 2016 ini sampe Manchester dan aku menikah dengan warga negara Eropa yang akan bekerja di Manchester. Aku ingin sekali bergabung dengan grup ini, boleh aku minta contact person di komunitas Indonesia yang tinggal di Manchester ? Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s