Ramadhan di masa kecilku

Happy Fasting, Happy Ramadhan 😀

Hai hai hai… yuk ngomongin pengalaman Ramadhan dimasa kecil dulu. Mumpung masih Ramadhan di awal biar nambah semangat, walaupun kerja juga tetep seperti hari biasa. Kalau inget masa kecil biasanya semangat lagi kan. Hehehe.

  • Dulu pas SD mulai dari kelas 4 sampai SMP  pasti semua siswa itu punya yang namanya Buku Kegiatan  Ramadhan. Kenapa sekarang nggak ada ya? Ada yang tahu kenapa? Padahal ini salah satu alasan saya dulu rajin sholat Taraweh dan Subuh di masjid loh. Walaupun harus antri buat dapet tanda tangan imam atau ustadz yang mewakili, tapi seru karena rame-rame sama teman yang lain.buku-kegiatan-ramadhan

           Sumber : Pics google

  • Maen petasan, DOR!. Asli kalau pengalaman yang ini jangan ditiru. Saya dulu waktu SD doyan banget maen petasan walaupun bukan petasan yang gede-gede yang kecil-kecil aja kayak petasan cabe dan petasan banting. Nggak berani gede-gede, kalau ketahuan bisa di jewer Bapak. Hahaha. Yang kecil aja harus jauh mainnya dari rumah. Karena dulu saya dan teman-teman sebaya saya ngerasa keren banget kalau udah maen petasan daripada kembang api. Dulu mikirnya, ah kembang api itu maenannya anak kecil,  padahal waktu itu masih kecil juga. Hahaha.

 

Petasan Cabe Rawit (bukanasalinfo.blogspot)

Source: Bukanasalinfo.blogspot

  • Madrasah Ramadhan. Sebenarnya saya lupa istilahnya untuk yang satu ini. Biasanya di ikuti sama anak SD. Jadi saya dan teman-teman saya akan menginap di masjid atau madrasah di kampung (Masjid dan madrasah berdekatan) untuk ikut Kegiatan keagamaan selama Ramadhan. Belajar ngaji, belajar surat-surat pendek, pokoknya banyak deh. Dulu kami nggak manja, nggak harus diantar jemput orang tua. Tapi kebersamaan teman-temanlah yang buat kami semangat.
  • Ikut kegiatan Remaja Masjid. Gini-gini saya dulu aktif banget di Ikatan Remaja Masjid Al-Fatah (IRMA) terutama waktu SMP dan SMA. Jadi yang ngurusin anak-anak Madrasah Ramadhan ya kakak-kakak di IRMA. Hehehe. Selain itu kami juga ada pengajian setiap sore dan malem setelah habis taraweh. Rajin banget ya boo!!! Koordinir zakat dan ta’jil untuk berbuka juga. Pokoknya seru banget deh. Oh iya satu lagi, semangat ikutan ini karena saya naksir ketuanya. Hahaha. Dulu saya jadi sekretarisnya jadi kemana-mana berdua. Bwahaha, ini motivasinya ga bener ya. Tapi bener deh, cuma naksir gitu doank, dan ngerasa happy aja walaupun kegiatan lagi banyak karena ada sang Ke… hihihi 😀 .Hemm, apalagi ya. Ngabuburit dulu kebanyakan ya di masjid karena jadi IRMA itu. Saya merasa punya ikatan besar sama masjid di kampung saya deh. Soalnya banyak kenangan indahnya.
  • Oh iya ada pengalaman nakalnya juga nih. Dulu waktu kelas 3 SD ingettt banget kalau saya puasa tapi masih maen belingsatan kesana kemari. Entah itu maen petak umpet, layangan, dengklek (apa ya istilah bahasa Indonesianya, saya lupa) , sampai lompat tali. Kebayang donk, puasa-puasa masih maen nya ekstrem gitu. Soalnya saya tipikal anak yang nggak bisa diem. Alhasil laper and haus lah. Pulang-pulang minum deh air sama masak mie sendiri. Waktu itu mama nggak ada, lupa kemana. Padahal masih jam 3 sore. Udah kenyang, dibersihin semua TKP biar nggak ketahuan. Hahaha. Eh mama pulang, malah nanya: ” Kamu udah buka?”Sambil merhatiin saya. Saya padahal belum ngomong apa-apa loh. “Bibir kamu ketahuan loh…” Kata mama lagi. Alhasil saya nyengir… hahaha. Sumpah kalau inget moment itu rasanya saya pengin kabur. Itu feeling seorang mama kali ya, kuat banget. Anaknya buka puasa diem-diem aja ketahuan.. hahaha

kids eating

Source: pinterest

Jadi apa pengalamanmu dulu?

Iklan

2 thoughts on “Ramadhan di masa kecilku

    1. Hihihi, pengin banget tuh dulu ikutan bawa obor bangunin sahur… tapi nggak boleh sama Bapak. Katanya terlalu ekstrem kalau cewek bangunin sahur… hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s