Seru-Seruan di Kebun Raya Cibodas

Libur Imlek kemaren saya dan suam memutuskan untuk jalan-jalan ke Kebun Raya Cibodas plus nge-camp di bumi perkemahan Mandalawangi. Sebenernya dulu waktu masa-masa kuliah praktek kami kesini sih, tapi nggak pernah menginjakan kaki masuk ke Kebun Raya Cibodas atau camping di bumi perkemahan Mandalawangi. Alasannya cuma satu: Bayar!!! Hahaha. Maklum dulu namanya mahasiswa maunya serba murah kalau bisa gratis sekalian.

Dari Jakarta hari Sabtu kami berangkat dari rumah jam 7 pagi, lewat tol sampai ke Ciawi lumayan macet sejam. Dari Ciawi ke Cianjur sih lancar aja jam 11 kurang udah sampai tuh. Itupun karena kami sempet nyasar jalan terus. Nah dipintu gerbang itu kami bayar karcis retribusi yang berlapis-lapis. Mungkin karena wilayahnya berada di dua Kabupaten kali yak. Jadi di gerbang pintu masuk bayar 5K/orang, setelah itu mobil 10K/mobil. Nah saat kami parkir lagi didepan kebun raya bayar lagi 10K. Masuk ke Kebun Raya 9,5K/orang. Ke Mandalawangi 25k/orang. Parkir depan Bumi perkemahan eh bayar lagi 10K/mobil. Totalnya itung aja sendiri yak.

Mirip Autum di UK yah
Mirip Autum di UK yah

Pertama kali masuk ke Kebun Raya Cibodas, saya langsung tersepona. Cantik banget loh, nggak kalah sama taman-taman yang ada di Eropa. Apalagi ada daun-daun yang menguning berasa autumn. Udah gitu disini juga ada tempat outbondnya juga kayak flying fox, jalan diatas titian kayu (apa sih itu istilahnya) deelelnya. Banyak banget anak TK yang lagi outbond disitu.  Awalnya kami cuma mau muter-muter nyari Bunga Bangkai yang fenomenal itu gara-gara ditimpuk sama pengunjung yang alay and nggak bertanggung jawab akhirnya jadi patah deh. Ternyata sepanjang jalan nemu yang nggak biasa. Bangunan kantornya yang klasik kayak rumah-rumah di Eropa jaman dulu, plus banyak banget air terjun dan sungai mini yang menambah syahdu. Udara dingin plus angin sepoi-sepoi pas banget buat refresh otak deh. Kami juga nemu guest house yang cantik banget arsitekturnya asik banget buat foto-foto, rumah nephentes yang mungil nan cantik dan water fountain yang cantik. Jangan lupa mampir juga ke taman lumut disebelah Bunga bangkai ya. Serunya disini nggak terlalu rame seperti di Kebun Raya Bogor. Kalau di KRB mobil aja bisa masuk, bukannya dapet yang udara seger malah berebut tempat nyari parkiran mobil di dalam.

Mau outbond juga bisa :D
Mau outbond juga bisa😀
Arsitekturnya cantik
Arsitekturnya cantik

Berhubung kami merasa kuat (padahal tepar juga) jadi nggak naik bus yang disedian sama pengelola. Sejauh mata memandang sejauh juga kami berjalan. hahaha. Kalau capek atau laper disetiap sudutnya ada yang jual makanan ringan kok atau ke kantin juga boleh. Tapi lebih seru lagi kalau bawa bekel terus dimakan dibawah pohon sambil menikmati alam. Kalau di peta rasa-rasanya dari tempat satu ke tempat yang lain itu deket tapi ternyata lumayan juga. Itu kami rasain waktu kami mau nyari air terjun Ciismun. Itupun untung ditunjukin sama penduduk lokal yang lagi nyari kayu. Jangan salah nenek-nenek disini kuat-kuat loh. Mereka masih tergantung sama kayu bakar, jadi mereka nyari ranting-ranting sampai di kebun raya. Nggak tahu juga sih itu masuknya lewat mana, makanya jangan nanya tentang ini yak. Hehehe. Akhirnya sampailah kami ke air terjun yang lumayan rame. Nggak jadi basah-basahan atau maen air… foto-foto aja abis itu ngabur jalan lagi, Hahaha. Jalannya jauh bener giliran nyampe nggak sampai 10 menit. Hihihi. Habis dari air terjun Ciismun kami akhirnya memutar and nemu Taman sakura. Tempatnya cantik deh. Jadi di situ ada jembatan yang dialiri air sungai jadi kesannya kayak air terjun gitu. Anak-anak kecil suka banget maen disitu deh.

Kebun Raya Cibodas mungkin nggak seterkenal Kebun Raya Bogor,tapi menurut saya lebih nyaman disini, lebih tertata, lebih sepi dan lebih nyaman. Sayangnya perjalanan muter-muter saya di KRC harus disudahi karena hujan gede dan kami juga harus nyari tempat nge-camp di Mandalawangi.

Cerita selanjutnya yah😀

4 thoughts on “Seru-Seruan di Kebun Raya Cibodas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s