Secuil Surga di Pulau Genting Kecil, Kepulauan Seribu

Untuk sebagian besar warga Jakarta pasti udah pernah denger donk yang namanya Kepulauan Seribu. Dulu waktu kuliah saya suka banget maen ke tempat ini buat identifikasi satwa sama ngitungin burung. Emang dulu saya nggak ada kerjaan sih, burung doank aja di itung.

Anyway, pasti kalau denger laut Jakarta yang kebayang itu yang serem-serem. Saya juga masih begitu sih apalagi kalau maen ke Angke atau Ancol, warna lautnya bukan lagi biru tapi coklat Bro….!!! Makanya saya males kesana.

Nah yang mau ceritakan ini sebenarnya jalan-jalan dalam rangka acara kantor. Ceritanya kita pengen refreshing yang nggak terlalu menyita waktu tapi tetep fun. Kami memutuskan ke Pulau Genteng Kecil deh. Salah satu private island di Kepulauan Seribu yang lumayan bagus.

Here we go…

IMG_9229

Perjalanan kami ini tentu saja pakai travel agent yang ada di Ancol. Jadi kami di wajibkan kumpul di darmaga Marina jam 8 pagi. Perjalanan dari Marina ke Pulau Genting Kecil kira-kira 2 jam menggunakan speed boat. Untungnya saya duduk di atas. Memang dari dulu saya kalau naik kapal selalu ingin diluar saja daripada harus didalam kapal. Karena saya “mabokan”. Akhirnya saya duduk dibelakang sopirnya deh dibagian atas. Kebayang sih bakal di terjang ombak langsung tepat di muka. Malah disitu serunya. Saya dan 2 orang yang duduk diatas saat ada ombak menerjang kapal malah teriak-teriak nggak jelas. Bisa lihat pemandangan bagus juga and ngajak ngobrol supirnya, saya jadi tahu deh nama-nama pulau di Kepulauan Seribu. Awalnya agak heran sih kok bisa-bisanya inget semua nama pulau. Padahal di mata saya kalau dari jauh semua pulau itu terlihat sama. Hahaha

IMG_9190

Saat speed agak stabil dan ombak tidak terlalu besar, ternyata yang didalam speed, kebanyakan mabok laut. I’m so sorry… Jadinya banyak dari mereka ngungsi pindah keluar. Bahkan muka temen saya udah pucet banget. Maaf ya Mas Don, mau seneng-seneng malah jadi sakit.

Tanda-tanda akan sampai Pulau Genteng Kecil sudah kelihatan. Ada darmaga yang cantik dan kapal-kapal speed besar yang bertengger disitu. Jujur ini baru kedua kalinya saya naik speed boat. Yang pertama di TN Komodo numpang petugas TN yang mau ke Pulau Komodo, itupun speed boat yang kecil. Yang kedua ya ini, speed boat yang lumayan gede kapasitas 30 orang dan bikin mabok sebagian besar orang. Hehehe

20150905_100245

Sampai di Pulau Genting Kecil yang harus di urus adalah teman-teman saya yang mabok. menggeleparlah semua di di pinggir pantai, menenangkan diri. Sayangnya kami belum bisa check ini pada saat itu. karena tamu yang sebelumnya belum check out. Ditambah lagi kamar harus dibersihkan terlebih dahulu. Kami meminta teh hangat dan paling tidak tempat untuk istirahat. Untung ada bibi dapur yang bisa mijet. Lumayan lah ya…

Pulau Genteng Kecil luasnya cuma 6 Ha. berisi cottage dan fasilitas lainnya. Seru sih, apalagi kalau rame-rame begini. Nah berhubung kamar belum ready kami makan siang kami pun di pinggir pantai. Berasa lebih menyatu dengan alam.

IMG_9232

Habis istirahat bentar kami langsung maen games, walaupun games nya rada-rada garing gitu sih tapi demi kebersamaan. Sorenya snorkling ^^ bisa dibayangin donk senangnya saya mau snorkeling. Udah hampir 2 tahun nggak snorkeling lagi. Apalagi katanya terumbu karang dan ikan disana bagus-bagus. Kami menuju Pulau Macan, Pulau Dolphin dan ah maafkan saya lupa namanya. Ternyata yang nyemplunk siang bolong itu bukan cuma kami. Yang bikin takjub banyak sekali kapal nelayan yang diisi wisatawan yang liburan di Pulau Seribu. Berseliweran Broooo… Sampai takjub, ini laut rame begini kayak pasar.

20150906_091938

Waktu saya snorkeling, saya sendiri yang nggak pakai life jacket. Alasannya simple, karena saya sudah bisa snorkeling tanpa itu tinggal kasih google sama fin aja saya masih hayuuukkk… Tapi temen saya otomatis terheran-heran dan mewanti-wanti saya untuk tetap hati-hati. Mereka nanya, nggak takut tenggelam. Alhamdulillah udah bisa berenang and free dive walaupun tingkatnya masih dasar banget. Hehehe *sombong

20150905_140709

DCIM100MEDIA

Tapi beneran loh, terumbu karangnya masih banyak yang bagus and ikannya juga banyak. Yah walaupun ada juga spot yang terumbu karangnya rusak. Semoga sih para wisatawan yang katanya mencintai alam ini nggak ngerusak ya. Atau paling nggak, jangan matahin karang. Terumbu karang tempat hidup ikan itu tumbuhnya lama… huhuhu

Habis puas snorkeling kami pulang dan nongkrong di darmaga. Ada yang mancing, ada yang foto-foto, ada yang ngelamun juga. Hahaha. Malamnya acara nyanyi-nyanyi aja sama bagi-bagi doorprize aja sih. Besoknya kami ke Pulau Dolphin maen air. Sama bikin foto-foto yang epic banget *maksa. Ditambah lagi ada canoe and banana boat. Yippy!!! Pokoknya happy-happy!

20150906_090301

Tendangan maut!!!

20150906_095351

Emmm..  beberapa catatan pelayanan di Pulau Genting Kecil.

  • Dari segi view, keindahan alam lumayan bagus karena ini private island jadi nggak campur dengan penduduk. Penduduk yang adapun hanya untuk kepentingan bisnis.
  • Fasilitas udah lumayan lengkap. Grup kami kebanyakan cowo jadi mereka menempati cottage yang berisi 3 kamar yang luas dan 2 kamar mandi. Kalau cewek di cottage yang berisi 2 kamar dan AC nya juga ada. Setiap cottage ada kamar mandinya kok tapi airnya tetep asin. Hahaha.
  • Air galon disediakan di setiap cottage. Kalau habis minta aja. Disediain kopi sama teh juga plus pisang goreng pas sore-sore. Sayangnya makanannya semakin lama semakin nggak jelas menunya apa dan lagi jumlahnya semakin lama semakin menyusut. Padahal kan kami habis beraktifitas pasti pada laper. Apalagi nggak ada yang jualan disana. Ini yang perlu diperbaiki banget deh. NOTED!
  • Alat maennya lengkap dari mulai snorkeling, banan boat, canoe sampai karaoke.
  • Obat-obatan dasar mereka nggak sedia. Memang sih kami bawa juga. Tapi gimana kalau ada grup lainnya kenapa-napa.

Anyway, biayanya sekita 1,5 jutaan per orang ya. Akan lebih murah kalo lebih banyak.

Sekian postingan saya di akhir tahun 2015 yang minim tulisan ini. Huhuhu. Nggak mau yang mainstream yang nyeritain flashback ataupun resolusi 2016 nanti. Nulis secara rajin dan benar aja udah syukur. Hehehe

Salam dingin ya dari ruangan ber AC yang tombol on off nya nggak ada. Hahaha

 

 

 

 

 

Iklan

7 thoughts on “Secuil Surga di Pulau Genting Kecil, Kepulauan Seribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s