Penyelenggara Tour Yang Mengecewakan

Biasanya saya akan cerita yang fun, happy and baik-baik, tapi ada kalanya kita juga harus menceritakan yang kurang baik untuk perbaikan kedepannya.

I want to be honest,
karena penyelenggara tour ini serius deh nggak banget.

Jadi gini ceritanya saya booking tour untuk ke Kawah Putih dan Situ Patenggang pakai Travelicious.co.id karena pengalaman kemaren waktu pakai paket tournya mereka yang ke Suku Baduy nggak mengecewakan.

Waktu itu saya daftar untuk 3 orang yaitu saya, adik saya dan teman baru saya dari Belanda. Tujuan saya sih ya jalan-jalan dan ingin mengenalkan Indonesia sama dia, apalagi dia pengin banget lihat sawah, secara Jakarta beton semua. Waktu itu kami ngumpulnya di Plaza Semanggi dan sudah ada satu bus menunggu kami. Tinggal 5 orang lagi yang belum masuk bis termasuk saya dan adik saya. Teman bule saya ternyata udah didalam bis. Adik saya didepan dan saya di 2 kursi dari terakhir bersama Sanne and u know what, ternyata kursi itu tak seharusnya ada disitu karena tempat itu sebenarnya jalan keluar bis. Jadi kursi tambahan itu bener-bener dipaksain dipasang disitu. Sedangkan jarak antara kursi saya dan kursi depannya itu mepet banget. Kebayang donk gimana susahnya kaki saya buat duduk apalagi nahan 5 jam perjalanan. Sumpah tersiksa banget, mau bergerak susah, kalaupun duduk di lorong itu cuma setengah pantat aja karena kaki nggak bisa masuk.

Nggak jauh beda ngenestnya keadaan kami dengan yang ada dibelakang kami persis. Karena itu kursi tambahan yang dipaksakan tak pelak juga yang dibelakang saya jadi terjepit. Kakinya katanya sampai pegel dan sakit. Parah banget deh.

Setahu saya dimana-mana yang namanya tour nggak bakal kursinya di pas in sama peserta. Paling nggak harus ada satu atau dua kursi buat cadangan. Bukannya dilebihin kursinya malah dipaksa ditambah kursi tambahan yang nggak layak buat duduk. Ini perjalanan panjang loh, bukan sejam dua jam tapi 5 jam. Pulang pergi 10 jam.
Nyesel saya pakai Tukang Jalan ini. Well, terpaksa saya harus sebut merk, paling nggak biar mereka tahu yang mereka bawa itu tamu yang perlu nyaman bukan dipaksa dijejelin ke bus kayak gitu. Complaint ini sudah saya sampaikan ke guide nya dan ternyata guidenya juga nggak tahu kalau bis yang dipakai seperti itu. Capeeee dehhhh

Oh iya saya lupa, jadi kalau kita pesan tour di travelicious bukan berarti pihak traveliciousnya yang menjadi tour agentnya kita. Travelicious itu cuma sarana pemasarannya tour-tour agent itu. Jadi setelah kita pesen dan melakukan pembayaran barulah kita tahu penyelenggara tournya. Lain kali saya mau tanya dulu ah penyelenggara tournya siapa. Kalau Tukang Jalan. Com lagi saya nggak mau ikutan. Bikin badan sakit semua!!!

Sayangnya saking capenya saya nggak sempet foto bis dan kursinya itu.

Bukan salah kawah putihnya yang bikin badan sakit, tapi tour agent nya :<
Bukan salah kawah putihnya yang bikin badan sakit, tapi tour agent nya :<
Peserta tour di Situ Patenggang
Peserta tour di Situ Patenggang
Katanya sih bisa ever lasting love kalau nulis disini walaupun cuma mitos ternyata banyak juga ukirannya
Katanya sih bisa ever lasting love kalau nulis disini walaupun cuma mitos ternyata banyak juga ukirannya

Well, itulah sekelumit cerita saya yang kurang menyenangkan hari ini, semoga bisa menjadi pembelajaran buat kita semua

Karena ini akhir tahun, saya sedang dikejar-kejar anjing *eh target maksudnya jadi agak meracau juga yak nulisnya… ah biarlah

5 thoughts on “Penyelenggara Tour Yang Mengecewakan

  1. Dulu aku juga pernah pake travelicious, paket yang ditawarkan tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka bilang ada dokumentasi, tapi ternyata aku gak dapet dokumentasi sama sekali. Seharusnya kalau memang tidak disediakan ya tidak usah dicantumkan di fasilitas nya, kalau tidak sesuai kan jadi merasa tertipu. Mana aku bawa teman 15 orang, pas mereka tanya mana dokumentasinya ya aku gak bisa jawab karena aku juga gak dapet konfirmasi apapun dari penyelenggaranya.

    1. Sekarang prinsip saya kalau bisa jalan sendiri dan urus sendiri ya mending urus sendiri aja. Mau susah seneng, kan diri sendiri yang atur, empetnya nggak terlalu bikin ngamuk. Hahaha.
      Lumayanlah buat pengalaman

      1. Iyaaa itu juga pengalaman pertama pake travel agent🙂 Lebih enak jalan sendiri biarpun terkadang banyak biaya tak terduga :’D

Tinggalkan Balasan

