Hidden Place for Sweet escape : Jodrell Bank Discovery Centre

Dipagi yang cerah di musim spring, saya dapet surat cinta dari supervisor.
Ah indah sekali isinya, sampai dada saya berdenyut-denyut.
Isinya revisi sama jurnal-jurnal yang harus saya baca.
Oh supervisor tercintaku.
Duduk depan komputer selama 3 jam, akhirnya pusingnya bukan main.
Ternyata saya kelaparan dan otak perlu refresh sejenak.

Okeh, refresh otaknya cerita tentang jalan-jalan lagi aja yak.
Jadi waktu hari Minggu tanggal 25 May kemaren saya bersama tiga orang teman saya pergi ke Jodrell Bank Discovery Centre.
Jadi tempat ini adalah pusat penelitian bintang dan jagat raya dan yang lebih menarik lagi, disini ada telescope yang guede banget.
Namanya Lovell telescope. Jadi mirip-mirip Boscha yang di Bandung itu loh dibawah naungan ITB. Kedudukannya pun sama, Jodrell Bank dibawah naungan University of Manchester, tempat dimana saya mengais ilmu sekarang. Loh kok kebanyakan “jadi” nya yak :p

welcome :D
welcome πŸ˜€

Jadi saya diajak teman saya Hesti yang belajar ilmu astronomi. Minggu kemaren ada semacam Cheshire Science Festival 2014.
dari Manchester kami naik kereta ke Gostrey, tiketnya Β£ 6,6 return. Sampai di Gostrey kami tak tahu arah. Hestipun yang sudah pernah kesini nggak ngerti arah juga dan disitu sepi karena di country side. Ada mobil cuma satu-dua atau orang yang lagi sepedaan. Disambut hujan pulak. Akhirnya kami nanya orang di ranch yang lagi ngurusin kuda. Dia bilang lurus aja nemu gereja, belok kanan terus… terus… yah sekitar 2 miles. Gubrak, lumayan juga yak. Hahaha. Coba itu si mbaknya minjemin kita kudanya buat kesana, Hehehe.

Lovell telescope ^^ and pelajar Indonesia
Lovell telescope ^^ and pelajar Indonesia

Wilayah ini sepi, tapi cantik. Bentuk rumahnya berbeda dengan rata-rata rumah yang di Manchester. Rumahnya luas, cantik dan tertata rapih. kata Hesti sih, daerah ini daerahnya orang kaya dan rata-rata pemain bola rumahnya disini. Kalau yang tinggal di kota Manchesternya cuma orang kebanyakan dengan penghasilan rata-rata. Mungkin ada benernya juga sih. Di teras rumah mereka kebanyakan merk mobil bagus. Sayangnya kita nggak tahu rumah pemain bolanya yang mana, kali bisa minta tanda tangan. Hehehe, ngarep*

Hujan kk !!!
Hujan kk !!!

Setelah berjalan kira-kira sejaman dan berdebat tentang arah sampai hujan, akhirnya kami sampai, yeay. Ternyata lumayan jauh ya boo!
Biaya masuknya cuma Β£5 buat student dan kami adalah orang Asia sendiri. Karena ini Science festival yang modelnya pameran tentang luar angkasa, saya cuma bisa melongo doank. Disitu ada batu dari bulan, meteorit, and pengamatan bintang real time loh. Dipaksa Hesti suruh nanya apa aja. Yah maklum saya orang awam, jadi pertanyaan saya pun yang ringan-ringan aja tapi sayangnya penjelasannya yang nggak ringan. Hahaha.

Btw, ternyata batu kryptonite yang kayak di Superman ternyata nyata adanya loh,cuma warnanya nggak ijo. Terus bintang-bintang yang teramati sekarang ini, sebenarnya itu adalah bintang 25 juta tahun cahaya yang lalu, karena saking jauhnya. Ada juga planet yang susunannya diamond semua loh. Kan udah pada tahu kali yak, kalau di Bahasa Inggris itu nyebutnya Milky Way Galaxy, kalau di Indonesia nyebutnya Galaksi Bima Sakti dan nama itu pemberian Soekarno loh. Katanya sih emang tergantung culture masing-masing negara
pertanyaan saya selanjutnya adalah, gimana keadaan bintang yang senyata-nyatanya sekarang ini? Jangan-jangan dia udah berevolusi atau jadi apa gitu kek. Mungkin ada alien juga kali yak. Hahaha. Nggak tahulah. Bisa mendeteksi seperti itu saja menurut saya udah hebat banget.

Sayangnya nih yah, kebanyakan scientist di sini Atheis atau tidak percaya Tuhan. Hesti saja takut di cuci otaknya. Karena menurut mereka adanya bumi ini dan seisinya itu karena adanya Big Bang theory atau hukum fisika lainnya. Jadi alam semesta ini ya ada karena ya udah ada aja. Kasarnya gitu kali yak.

Hihihi, aneh juga sih. Walaupun saya nggak pinter-pinter amat tapi saya bisa kok mikir pakai logika. Well, gini aja sih. Dunia ini yang gede segede-gedenya dunia, setiap planet, bintang, punya orbit nya masing-masing dan punya keunikan sendiri-sendiri kalau nggak ada yang ngatur pasti hancur. Pada mau seenaknya jalan-jalan sendiri, nubruk sana-nubruk sini, karena nggak ada sistem. Organisasi saja harus punya sistem, nah siapa yang buat sistemnya. Kalau organisasi yang buat system ya manusia. Analogi yang paling gampang deh, adanya buku itu bukan ujug-ujug ada bukan, pasti ada yang bikin. nah kreatornya buku itu manusia.

Nah, kalau bumi dan sistem tata surya siapa lagi yang bisa bikin semua itu, ya jawabannya cuma satu: TUHAN.

Back to Jodrell lagi yak, selain science festival, pemandangan sekitarnya nggak kalah bagus loh. Sebelum kami masuk ke gerbang Jodrell, kami disambut sama puluhan sapi yang unyu-unyu. Pengin deh meluk satu-satu sayang dipagari :p. Suasana countrysidenya berasa banget, disitu ada taman yang lumayan besar buat kumpul keluarga dan ada peternakan lebahnya juga loh. Sayangnya satu, sepanjang hari hujan mulu.

Hi sapi :D
Hi sapi πŸ˜€

Satu yang saya suka disini, orang tua disini itu suka banget ngajak anak-anaknya maen ke tempat seperti ini atau museum dibanding mall seperti kebanyakan orang tua di Jakarta. Jadi keingintahuan mereka akan science dan alam sekitar jadi tinggi. Yang seperti ini nih patut dicontoh.

Jodrell Bank ini didirikan jauh setelah Boscha di Bandung, tapi sekarnag malah lebih maju. Coba kalau Boscha di perbaiki manajemennya saya yakin bisa maju juga tuh.

Mau deh kalau disuruh bolak-balik ke tempat ini tiap minggu. Tempatnya asri, bisa buat refresh otak, nambah ilmu lagi. Perfect place for escape πŸ˜€

Peaceful place :)
Peaceful place πŸ™‚

2 thoughts on “Hidden Place for Sweet escape : Jodrell Bank Discovery Centre

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s