Kena kutil itu rasanya nyebelin!

Serius deh, ada yang pernah ngalamin kutilan atau mata ikan nggak?
Hayoo ngaku, pasti ada yang pernah kan. Yah, kalau nggak di kaki, di tangan lah. Walaupun katanya ada yang di kelamin juga. Hiyyy serem!!!

Seumur-umur saya hidup sampai setua ini, baru kali ini saya dideteksi kena kutil atau mata ikan atau wart.
Kalau kapalan saya dulu sering, karena sering latihan tapi lama-lama hilang sendiri.
Nah, mata ikan ini ganggu banget, soalnya jelek. Letaknya dijempol kaki lagi.
Teman saya bilang, masih untung di kaki, jadi bisa ditutupin pakai kaos kaki atau sepatu. Tapi tetep aja bentuknya nggak indah. Ditambah kaki saya yang nggak secantik artis karena njeber.
Akhirnya saya googling penyebab mata kaki itu sebenarnya apa sih dan ini hasilnya

Clavus atau mata ikan disebabkan oleh beberapa faktor, antar lain :

– Virus Human Papillomavirus (HPV)
– Sering memakai sepatu yang tertutup dan sempit
– Menggunakan alas kaki yang tidak sesuai ukuran (terlalu kecil)
– Saat berjalan terjadi penekanan dan gesekan secara terus menerus dan berlebihan antara telapak kaki dan alas

Jadi kesimpulannya saya harus beli sepatu baru kali ya *alibi* Duitnya padahal lagi kagak ada :p

Dari segi kedokteran
Kutil atau Verruca Vulgaris adalah suatu tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). HPV akan menyebabkan lapisan kulit menjadi menebal. Gejala yang timbul umumnya adalah dengan peninggian permukaan kulit berbentuk bulat atau oval yang kasar, berwarna lebih terang atau lebih gelap dibandingkan daerah sekitarnya, dan walaupun jarang dapat pula disertai dengan nyeri. Verruca Vulgaris tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri, pada umumnya akan hilang setelah beberapa bulan, namun dapat pula bertahun-tahun

Terdapat sekitar 130 tipe HPV, beda tipe akan menyebabkan penyakit yang berbeda pula. Misalnya, kutil pada tangan diakibatkan oleh HPV tipe 2, sedangkan kutil yang terjadi pada kaki lebih sering disebabkan oleh HPV tipe 1. Tipe HPV tersebut merupakan tipe yang jinak, namun ada beberapa HPV tipe lain yang dapat menyebabkan penyakit yang serius dan mengancam jiwa, misalnya kanker serviks.
source

Atau ada yang bilang karena jorok. Tapi swear deh, saya selalu cuci kaki kok. Lagian disini lebih bersih daripada di Indonesia, yah walaupun nggak bersih-bersih amat sih, tapi masih mendingan lah dibanding Jakarta. Berarti kena kaki itu udah takdir kali ya *nyari alasan*, ibarat nggak ngerokok tapi malah yang kena kanker paru-paru *amit amit*

Mau ke dokter, entar pasti disuruh operasi kecil. Saya kok agak trauma sama yang namanya bau-bau rumah sakit dan saudara-saudaranya ya. Sebisa mungkin jangan deh, kalau bisa di handle sendiri.

Tadi juga udah beli obat oles, yang harganya ternyata lumayan mahal juga ya boo £7, tapi nggak apa-apa lah demi kaki 😀
Kata temen saya sih congkel aja sendiri. Idih serem amat!
Atau gunting biar nggak menebal, kalau yang ini saya coba ikuti deh. Toh nggak sakit.

Nah do you know, saat nulis ini saya saya habis gunting dikit-dikit. Tapi kok darahnya lumayan banyak ya, nggak berhenti-henti.

Entah apa yang terjadi.

One thought on “Kena kutil itu rasanya nyebelin!

Tinggalkan Balasan

