Ada nggak ya orang miskin di UK atau negara maju

Well, sebelum saya hijrah ke UK atau Manchester lebih tepatnya, saya penasaran sendiri dengan keadaan sekitar. Salah satunya ya, ada nggak sih orang miskin dinegara maju ini. Atau kalaupun ada, apakah keadaan mereka mungkin lebih baik dari orang miskin di Indonesia. Apakah mereka tetap dapat uang walaupun tidak bekerja atau mungkin mereka tetap hidup bahagia walaupun disebut miskin. Hemm, ekspektasi saya tentang negara maju terlalu tinggi ternyata.

Gelandangan di City Centre, Manchester
Gelandangan di City Centre, Manchester

Kalau diperhatikan banyak sekali peminta-minta disini, dari yang muda sampai tua. Terutama di kota besar seperti London dan Manchester, walaupun kata temen saya rata-rata mereka imigran . Ada juga yang orang Inggris asli sih  tapi jumlahnya lebih sedikit, well saya kan nggak pernah sensus  :p. Keadaanya lebih mengenaskan disaat winter seperti sekarang ini. Udara dingin sampai menusuk tulang, entah bagaimana mereka bisa bertahan. Jadi nggak heran kalau baca di berita kalau ada orang meninggal karena hypotermia. Yah mungkin karena benar-benar tidak punya tempat berteduh. Kalau di Indonesia suhunya masih bisa ditoleran, jadi walaupun tidur diluar nggak masalah. Nah, kalau winter hemm, saya nggak yakin. Suhu disini sering minus kalo malem. Kalau ditanya bagaimana rasanya, coba aja masuk dalem kulkas. Saya aja nggak suka lama-lama diluar. Dinginnya ampun!!!

Pernah nonton Pursuing of Happyness, yang maen ktor keren Will Smith sama anaknya Jaden Smith yang bisa bikin mewek sepanjang film. Well, memang ada sih tempat penampungan seperti itu hanya saja jumlahnya sedikit nggak cukup menampung seluruh gelandangan. Pun kalau pagi mereka harus pergi, dan jika malam datang dan mau tidur ditempat penampungan tetap saja harus mengantri. Yah, ini kan bukan hotel :p

Pursuing of Happyness
Pursuing of Happyness

 

Lucunya banyak juga orang dateng ke UK cuma untuk jadi gelandangan loh. Mungkin karena nilai uang pounds paling tinggi dibanding yang lain yak. Jadi walaupun jadi gelandangan, penghasilan mereka lumayan. Hanya saja tingkat kepedulian orang disini kan rendah. Jarang saya lihat orang ngasih-ngasih duit gitu. Hanya nggak habis pikir aja. Inget Jakarta kan, banyak orang hijrah ke Jakarta cuma jadi pengemis. Kurang lebih sama kasusnya.

Ada beberapa modus penipuan disini. Hampir saja saya kena, untung dikasih tahu temen sebelumnya. Daerah Rusholme dan City Centre paling banyak tuh pelakunya. Biasanya menimpa yang berkerudung seperti saya atau orang yang kelihatan kalau dia muslim. Awal-awal menyapa “Assalamualaikum sister” terus ngajak ngobrol, alesannya macem-macem. Dompetnya ilanglah, mobilnya ilanglah (lapor polisi kali!!!) intinya sih minta duit. Ataupun orang-orang gipsy (sorry bukan maau rasis, tapi faktanya seperti itu)  mereka pura-pura pakai kerudung terus minta-minta duit di restoran sampai diusir pemiliknya. Sebelnya karena mereka itu masih sangat muda dan sangat mampu kerja loh. Pliz deh. Kalau yang kayak gini saya sama sekali nggak respect. Mereka bukan miskin, tapi pura-pura miskin. 

Saya lebih suka memberi uang sama pengamen jalanan. Mereka kreatif loh, yah ada beberapa yang tidak sih. Tapi paling nggak mereka usaha dan tidak “maksa” orang.  

 

 

7 thoughts on “Ada nggak ya orang miskin di UK atau negara maju

      1. Kalo sy pikir di Indonesia, byk kemiskinan terselubung. Byk yg pura2 miskin, sampe ga tahu malu. Hihihi. Yg miskin beneran malah ga tdeteksi. Nah, kalo disini klo org aslinya msh ngerasa malu buat jadi “peminta-minta”. Kalopun ad berarti beneran miskin. Kecuali yg imigran itu ya, sy krng tau🙂

  1. Iya klo pengamen kreatif banget, ngasih juga ga berat hati krn mereka sdh menujunkkan seszatu, ga hanya menadahkan tangan. Oh ya waktu saya jalan2 ke Paris, sekitar menara eiffel banyak juga pengemisnya, paling banyak anak2😦 .

Tinggalkan Balasan

