Leeds, kota yg ramah di kantong pelajar

Biaya hidup di Inggris itu bener-bener ya, bener-bener mahal maksudnya. Buat mahasiswa yg dibeasiswaan (apa sih ini bahasanya), maksudnya yang cuma mengandalkan beasiswa untuk hidup, setiap pounds nya berharga banget. Harus diperhitungkan semuanya, apalagi nggak mau donk rugi, jalan-jalan itu harus. Mumpung disini, kapan lagi coba.

Awal bulan ini saya maen ke rumah teman di Leeds dengan Ibu Dyah. Awalnya saya kira seperti kota-kota di Inggris lainnya, ternyata beda, yang jelas sih beda dikantong. Hehehe. Turun dari Bus station, sampingnya adalah Leeds Market yang murah meriah. Nggak ngerti juga kenapa groceries disini murah-murah. Biasanya di Manchester harga anggur satu kotak £1.5 per box, disini £1 dapet 2 box begitu juga barang impor termasuk Indomie. Saya nemu Indomie di Manchester yang paling murah aja £ 0.3 , nah disini £ 0.2 . Begitu juga buat busnya kalau di Manchester paling murah one way itu yang paling deket sekitar £1.7 nah di Leeds itu cuma £0.5 . Kaget kan, saya juga.

Menurut Mbak Andari teman saya yang tinggal di Leeds, di bandingkan kota-kota lain di Inggris memang yang paling murah itu Leeds. Dia saja sewa satu rumah akomodasi kampus dapat 2 kamar yang lumayan besar, common room, and dapur cuma £500 per bulan. Itupun bisa disewa berdua yang berarti cuma £250 per bulan. Itu akomodasi kampus loh. Oh iya, university disini namanya Univeristy of Leeds. Mbak Andari ini bawa anak satu loh, tapi dia nggak khawatir tuh, karena children carenya deket kampus, malah anaknya nggak mau dianter sama ibunya. Hahaha. Lucu memang. Jadi nggak usah hire baby sitter. Kayaknya kemana-mana deket aja. Depannya Children care, belakang rumah tinggal, kanan dikit kampus, lumayan tenang lagi kotanya.Cocok banget buat yang berkeluarga, karena lebih terjangkau.  Lebih nyaman karena nggak terlalu ramai, dan romantis sepoy-sepoy. Hihihi. *Ini saya promosi universitynya atau tempat honeymoon sih.

Kalau dibandingkan di Manchesterkan student hall yang disediain kampus minimal £ 110 per week. Kalikan saja 4 minggu, jadi sekitar £ 440 perbulan dan rata-rata cuma dapat satu kamar karena bangunan student hall di Manchester rata-rata flat yang ruangannnya cuma seuprit. Kalau yang keluarga kebanyakan harus sewa rumah agak jauh dari Uni biar lebih murah.  Dilihat dari lingkungannya Leeds juga lebih damai.

Around University of Leeds
Around University of Leeds
 looks like we are in Italy
looks like we are in Italy

Jangan lupa maen ke County Arcade ya. Lihat bentuk bangunannya, terutama arsitektur didalamnya. Bu Dyah bilang ini mirip banget kayak di Italy. Yah kalau saya kan belum pernah kesana, tapi Bu Dyah yang seorang wonder woman udah keliling kurang lebih 30 negara (CMIIW ya bu!). Saya coba cek gambar-gambar Italy yang terkenal fashionnya itu, memang mirip. Hihihi. She is right:D . Buat yang nyari barang yang harganya miring bukan disini tempatnya, tapi di Junction 32.

Leeds City Markets
Leeds City Markets  (Bukan Junction 32)

Junction 32 nyediain semua barang bermerk dengan harga miring banget. Memang sih harus naik kereta api ke Knotingley. Tiketnya nggak mahal kok, cuma sekita £4.3 return jurusan Knotingley, nanti turun di Glaughoughton. Di Junction 32 bakal nemu semua barang bermerk yang harganya miring. Apalagi saya kesana pas Januari, ya udah pas sale tuh. Muter-muter junction sampai lupa foto tempatnya karena sibuk belanja. Baru kali ini saya ke kota di Inggris lupa sama sekali tentang berkunjung kedalam museum, gara-gara lupa belanja. Maklum cewek, apalagi kalau nemu barang sale. Hihihi. Kami sempat lupa waktu sampai-sampai hampir saja ketinggalan kereta pulang. Kami sudah punya tiket pp dari Manchester, yang makan waktu sekitar 1 jam.

Capek? tentu, tapi nambah pengalaman baru kan ,dan yang terutama belanjaan. Lol😀

 

6 thoughts on “Leeds, kota yg ramah di kantong pelajar

  1. Hello…
    Mau nanya nich…
    Apa sih namanya tempat tinggal mba andari?
    Aku tu cadangan nya mau studi di uni of leeds,bawa 3 anak…
    Mau nanya juga,apa gak bahaya Kalo ninggalin anak di rumah saat aku kuliah?

    1. mbak andari tinggal di student hall yg disedian sm univ nya mbak.
      Kalo 3 anak apalagi msh kecil2 kykx tetep bth oengasuh ya. mbak andari anknya cm 1 dan waktu dia flexibel krn phd ga ada kuliah lg.
      semoga membantu😀

  2. Nice info mbak. Di Inggris ambil S1 atau S2 dan jurusan apa ya? Saya berniat S1 di sana tp susah cari beasiswa yang full buat undergraduate. Kira-kira ada saran buat cari beasiswa? Mbaknya sendiri ambil beasiswa apa? Maaf kalau pertanyaannya merepotkan. Terima kasih🙂

    1. Saya sekolah di University of Manchester ambil Master organizational change and development. Kemaren beasiswa kantor, hehehe. Kemaren sih banyak temen-temen dari beasiswa LPDP, coba googling yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s