Nggak sengaja makan kerupuk babi, maafkan T.T

Ceritanya gini hari ini saya ke W H Lung toko Cina belakang kampus University of Manchester, mau nyari ikan asin, tahu sama botol kecap atau pun sauce. Kenapa disini, karena disini bahan-bahan makanan Asia lumayan lengkap, karena saya masih kurang suka kalau makan-makanan asli UK plus lebih murah sih.

Nah, diantara yang dijual ada snack-snack gitu, disamping ikan-ikan beku. saya kira kulit ikan kan, karena bentuknya seperti itu kalau di Indonesia. Apalagi tulisan dikemasannya bahasa Cina. Yah, saya nggak mikir macem-macem.

Waktu itu udah jam 2 siang habis kuliah, sambil nunggu bus saya ngemil itu. Maklum belum ada makanan yang masuk dari pagi. Busnya baru nongol giliran kerupuknya udah abis. Jadi pas banget deh.
Nah seperti biasa, saya selalu mencatat pengeluaran saya kan. Maklum, mahasiswa gratisan jadi harus kontrol pengeluaran. Langsung syok waktu liat billnya. Sampai-sampai lemes semua ini badan, naik tangga aja sampe berhenti. Hampir copot napas saya. Waktu ngeliat tulisan “Pork crunch”
Whoaaaa….. tapi nggak sengaja makannnya sweeeee!!!!!

Memang setahu saya sih kalau nggak sengaja nggak dosa.
hal ini sbgmana firman Allah Ta’ala:

(Innamaa harroma ‘alaikumul maitata wad-dama wa Lahmal Khinziiri wa maa Uhilla Li Ghoirillaahi bihi)

Artinya: “Sesungguhnya Dia (Allah) hanyalah mengharamkan kpd kalian bangkai, darah, daging babi dan apa2 yg disembelih utk selain Alllah.”

Akan tetapi jika seseorang muslim mengkonsumsi daging babi dlm keadaan tidak mengetahui bahwa yg dimakannya adalah babi, maka ia dimaafkan oleh Allah dan tidak berdosa. Hal ini sbgmana firman Allah Ta’ala:

(Robbanaa Laa Tuaakhidznaa in Nasiinaa au akhtho’naa)

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah engkau hukum kami jika kami (melakukan kesalahan karena) keliru atau lupa.” (QS. Al-Baqarah).

Dan juga berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi:

(Innallaaha Tajaawaza ‘An Ummatii ‘Anil Khotho’i wa An-Nisyaani wa Maa Ustukrihuu ‘Alaihi)

Artinya: “Sesungguhnya Allah mema’afkan (kesalahan-kesalahan) umatku yg dilakukan karena keliru (salah paham), lupa dan terpaksa.”

Tapi kan tetap aja ya, merasa bersalah. Habisnya satu bungkus pulak *tepokjidat*

Buat saya dan teman-teman muslim yang hidup diantara orang-orang non muslim, agar lebih berhati-hati. Jangan ambil spekulasi deh, kalau nggak ngerti mending dihindari atau paling nggak nanya dulu.

Susah-susah gampang sih, tapi Insya Allah selalu ada perlindungan dari Allah SWT untuk kita semua.

9 thoughts on “Nggak sengaja makan kerupuk babi, maafkan T.T

  1. buat Nopan sama Helena: Karena udah terlanjur masuk perut dan sempet bertengger di lidah lama, jadi rasanya itu lebih gurih, entah itu gurih karena bumbu atau apa yaaa… geli tau kalo diinget rasanya. inget babi yg ngok2 gitu

    1. Wahhh …
      Ini nih …yg nmnya
      “Kelaparan mengontrol mu”
      Yg nmnya laper …klo gak makan tar Gaswit …
      Cumn Klo udah terlanjur ya nikmati aj Ka…itung” rasain ngok” itu 😀
      Gurih ye :v

  2. saya juga nih di Laos barusan ga sengaja makan daging babi.. rasa bersalahnya ga akan ilang selamanya kali yaa akan terkenang sepanjang masa.. 😦

  3. Gk kebaca ya mba, mang mesti hati” beli produk” negri kn aneh”. Klo gk sengaja gk apa, kea ortu aku pernah d’kira kuah bakso itu dari kaldu pas jualan d’pinggir jlnan, pas ngrasa cicip sdikit rasanya sperti brbeda, dg langsung d’muntahkan s’gera. Brdsrkn crita ortu. Bgtu. Tp bneran daging itu s’mcm ada zat yg buat cacing apa gtu d’usus kita dan itu memang haram ya (lupa”ingat) 🙂

    1. iya seingatku babi mengandung caci apa gitu yak. dulu waktu SMP pernah ada kyknya dipelajaran. Nggak kebaca soalnya tulisannya pake bhs Cina, dan ga tau juga bedanya krupuk babi sama krupuk ikan .
      Semoga sih gpp.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s