Kuliah di Manchester berasa di Cina

Baca judulnya aja pasti udah pada mikir. Saya aja yang nyampe sini masih keder.

Okey saya kuliah di University of Manchester ambil postgraduate jurusannya OCD. OCD itu apa cari sendiri yak, yang jelas bukan obat batuk.

University of Manchester
University of Manchester
Visitor Center
Visitor Center

 

Kemaren itu hari pertama kuliah saya. Awalnya saya kira salah masuk ruangan, soalnya hampir 80% Cina semua. Bulenya dikit.Setelah nanya eh ternyata kelasnya bener . Yah walaupun satu kelas itu bukan cuma dari jurusan saya aja. Untung dosennya nggak ikut-ikutan Cina. Hehehe, tambah keder deh saya.

Jadi mikir aja, Cina itu bener-bener memang udah nguasain dunia yak. Mereka sudah terlalu kaya  atau bagaimana saya nggak ngerti. Diskusi sama temen saya yang dari Yaman (soalnya belum berani nanya sama orang Cinanya langsung) sebenernya anak-anak yang kuliah disini nggak kaya-kaya kok. Kebanyakan orang tua di Cina cuma punya anak satu atau dua tapi mereka fokus sama pendidikan anak. Anak-anak itu dibiarin mandiri dari kecil, dilepas gitu aja biar bisa survive. Percaya atau nggak ini karena Populasi orang Cina kan paling besar di dunia. Pemerintah Cina nggak bakal bisa nampung semua orang, apalagi dengan sistem pemerintah yang dianut. Masih agak bagusan Indonesia. Standar kesejahteraan pekerja disana itu rendah, perlindunganpun nggak ada, upah pekerja kecil makanya barang dari Cina murah-murah.

Jadi Siapa yang punya “kelebihan” dia yang bakal menang. So dari kecil anak-anak ini udah dididik buat bersaing kalau mau survive di dunia.

So, apa yang bisa diambil dari orang Cina. Saya suka daya juang mereka, semangatnya, kemandiriannya, dan daya saingnya. Makanya Cina sekarang menguasai dunia 😀

Nggak tahu kenapa malah ceritanya ini, nggak cerita kenapa bule Spanyol atau Yunani lebih ganteng dari bule Inggris atau kenapa nggak ada AC disini. Mulai deh nggak penting kul !!!

 

8 thoughts on “Kuliah di Manchester berasa di Cina

  1. 80%? wow salut dg ketekunan dan kerja keras mereka
    hmm kalo gini bisa menyebabkan kamu pintar bahasa mandarin, bukan english (a la vicky)

      1. aku dengerin podcast isinya presentasi/kuliah gitu sejam in english trus susah nyambungnya
        gimana tuh supaya paham apa kata dosen di kelas?
        buat persiapan sekolah menyusulmu (ehm..)

      2. hmm, awalnya sih pasti gitu, bengong malah aksennya susah bgt. enaknya bertatapan langsung kalo nggak ngerti bisa tanya. ga bakal dimarahi ato digimanain kok. krn mrk tau kalo international student kadang ad yg ga ngerti. mrk open bgt. aq jg masih selalu sedia kamus online. soalnya jurnalx bhs tingkat tinggi semua. tapi kalo udh biasa lama2 dikit2 ngerti

  2. halo mba tika… salam kenal…

    saya sedang cari2 info tentang student life di manchester trus sampe kesini. hehe…
    dan ternyata jurusan kuliah kita sama… wondering ada gak orang indo yang ambil jurusan ini soalnya kayanya agak limited pesertanya haha…

    anyway, salam kenal ya mba, saya baru akan berangkat sept 2014 ini, bole minta alamat email nya mba? supaya bisa ngobrol2 lebih seru hehe…

    thank you!

    1. Horeeee…. ada adek kelas *halah

      Well… fyi aja.. sy sekelas cm 15 orang,tp seringnya kuliah bareng sama jurusan lain kok.
      tenang aja.. jurusan ini seru.. bagian nggak serunya kalo udah masuk assignment. hehehe. apalagi waktu awal-awal.. tapi nikmati aja prosesnya….

      sorry agak lama nih balesnya..
      dissertasi attack nih…. hihihi

Tinggalkan Balasan

