Adopsi Karang With White Dolphin Community (^_^)

Horay, acara yang kami geber dengan persiapan yang mepet akhirnya sukses!!! Semua berkat kerjasama yang solid team White Dolphin dengan semangat 45!!! (berasa mau perang… hehehe )

Ayoooo!!!
Ayoooo!!!

Jadi gini ceritanya, tanggal 19 Mei 2013 White Dolphin Community salah satu komunitas free diving yang dipelopori oleh pemuda dan pemudi di Palu bikin event yang pertama buat masyarakat loh. Oh yah, saya termasuk pemudi itu. Hehehe (masih ngarep disebut muda -_-). Kegiatannya itu Adopsi Karang di Tanjung Karang Donggala. Berawal dari rasa ingin melestarikan karang dan habitatnya yang diberi judul “Save Coral” kami berinisiasi ingin merangkul masyarakat dan permerintah setempat untuk turut serta melestarikan karang.

White Dolphin Crew
White Dolphin Crew

Persiapan kegiatan ini sekitar 2 minggu. Paling lama sih bikin medianya. Media yang kami pakai itu dari semen dan pipa. Untuk penyangganya menggunakan besi. Jadi selama buat media atau plotnya itu kami kayak tukang batu. Ngolah pasir sama semen. Hahaha. Tapi seru, karena rame-rame dan kami tahu target event ini hanya satu : BERHASIL BERHASIL OYE!!!

H-1 masih ternyata masih banyak kekurangan sampai-sampai ketua White Dolphin Om Tito dan beberapa teman harus nginep di Donggala untuk memastikan semuanya ok. Mata sampai merah-merah tuh karena nggak tidur baru nyampe aja jam 12 malem. Semangatmu keren Om!!

Sebelumnya kami harus mencari bibit karang yang akan dicangkok, disitu kami di kawal oleh Om Tang . Om Tang itu penduduk setempat yang care banget dengan kelestarian karang karena dia dengan inisiasi sendiri suka mencangkok karang di Tanjung Karang. Nyelem buat nyari karang yang pas buat dicangkok juga susah-susah gampang karena karang harus benar-benar yang sehat dan yang paling bagus adalah karang keras bukan karang lunak. Kami nggak mau juga sembarang ambil karang donk.

Om Ical cari karang
Om Ical cari karang
Om Ai mau eksis juga
Om Ai mau eksis juga

Jadi masyarakat umum yang ingin mengadopsi karang memberikan donasi Rp. 50 ribu per plot karang . Nah dimasing-masing plot itu akan diberi label nama donaturnya. Mereka juga diikutkan pada waktu pengikatan bibit karang ke pipa plot loh, plus dapet sertifikat adopsi loh yang disitu isinya nomer register masing-masing karang yang mereka adopsi. Pada saat pemasangan karang pada plotnya, harus selalu terendam air laut. Biar karangnya nggak mati, dan pangkalnya harus selalu nempel pada medianya agar tumbuh, jadi nggak boleh ngambang.

Bareng masyarakat setempat  :D
Bareng masyarakat setempat 😀
Mencangkok dalam air laut
Mencangkok dalam air laut
Ini karang adopsiku, mana punyamu?
Ini karang adopsiku, mana punyamu?

Nah setelah selesai semua disematkan (lah bahasa sayah, apa ini…) dipasang satu-satu karang dan name tag nya, siap-siap dilarung kelaut. Jangan dikira gampang loh. Ini malah bagian tersulitnya karena berat boo!!! Apalagi kerangkanya dari besi. Kalaupun ditarik saja, nggak akan cukup kuat apalagi jika kedalaman sudah lebih dari satu meter. Akhirnya Om Tito dan teman-teman yang lain diving untuk menjangkau kedalaman sampai sekitar 5 meter dari permukaan laut.

Ini berat loh boo!!!
Ini berat loh boo!!!
Pelarungan karang
Pelarungan karang

White Dolphin juga mau karang ini benar-benar ditempatkan didaerah yang karangnya sudah rusak. Perjuangan akhirnya tak sia-sia. Setelah terseok-seok, terngesot-ngesot bawa besi ditambah mereka harus berjalan dalam air dan tabung oksigen yang gedenya sama kayak orangnya yang pastinya berat akhirnya White Dolphin BERHASIL. Yeay…..!!! Horayyy!!!! Jingkrak-jingkrak sambil nyium penyu #eh

Save Coral
Save Coral

Antusiasme masyarakat ternyata banyak juga loh dan dari dinas terkait juga mendukung kegiatan kami. Dukungan itu yang kami perlukan untuk meningkatkan spirit White Dolphin.

Selain acara adopsi karang, kami juga melepas penyu tangkapan nelayan yang mau diperjualbelikan. OMG… penyu lucu itu mungkin akan dimakan sama orang, teganya dirimu teganya… #dangdutmodeon

Penyu unyu ^^
Penyu unyu ^^

Nah, untungnya si nelayan mau di beli sama Om Helmi salah satu anggota White Dolphin juga dan akhirnya dilepaskan juga ke laut.
Kegiatan lain yang ga kalah pentingnya itu bersih-bersih pantai. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, kesadaran masyarakat akan sampah di sini itu masih rendah banget. Mereka nggak sadar kalau sampah yang dibuang ke laut itu bakal ngerusak kehidupan dan keindahan laut.

Tumbuh yang sehat ya nak ^^
Tumbuh yang sehat ya nak ^^

White Dolphin ingin mengajak masyarakat dan pengunjung terutama untuk memperhatikan sampah mereka. Berkarung-karung sampah kami temukan terutama yang anorganik untuk dihancurkan.

Save me...!!!
Save me…!!!

Semoga kegiatan pertama White Dolphin ini akan mengilhami masyarakat dan teman-teman yang lain untuk tetap menjaga kelestarian karang. Snorkeling boleh, asal karangnya nggak diinjak-injak. Maen di Tanjung Karang boleh asal buang sampah nggak boleh sembarangan apalagi dibuang kelaut, memanfaatkan sumberdaya alam tentu saja boleh asal manusia juga selalu ingat untuk melestarikannya dan White Dolphin akan berusaha melakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya untuk melestarikan karang dan habitatnya.

Untuk semua pihak yang telah membantu terselanggaranya kegiatan ini kami ucapkan terima kasih.
Special untuk teman-teman White Dolphin: U’re rocks guys!!!

All photos are belong to White Dolphin Community🙂

3 thoughts on “Adopsi Karang With White Dolphin Community (^_^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s