Danau Tambing Taman Nasional Lore Lindu.

Percaya kan kalau punya banyak temen itu banyak rejeki. Rejeki itu bukan selalu berupa duit loh. Menurut saya senang-senang juga rejeki, hehehe. Kalau nggak percaya, berarti nggak pernah punya temen ya…

Jadi gini ceritanya, saya punya temen yang kerja di Taman Nasional Lore Lindu namanya Mba Sari. Dia tahu banget saya suka jalan-jalan. hari itu hari Sabtu, padahal udah diniatin mau leyeh-leyeh dikamar aja atau paling banter maen ke mall. Pagi-pagi disaat saya lagi jadi “Inem” nyuci baju, di sms dah. Pesannya cukup singkat padat dan jelas.
“Tik, mau ke Danau Tambing nggak? Ketemu Riyani Djangkaru?” Cuma itu aja, nggak dijelasin tempatnya itu dimana, kapan, deelel. Awalnya malah saya kira saya salah baca, Danau Kambing, hehehe. Otak saya dengan sendirinya cuma bilang iya, apa dan dimananya nggak peduli. Apalagi dapet doorprize ketemu Riyani Djangkaru, mantan presenter Jejak Petualang ^^.

with Riyani Jangkaru^^
with Riyani Jangkaru^^

Akhirnya berenam ditambah anak kecil satu berangkat juga ke Danau Tambing. Perjalanan sekitar 3 jam dari Palu. Jalannya bagus kok, dan yang jelas nggak ada angkot jadi harus bawa motor atau mobil sendiri. Danau Tambing ini terletak di Kabupaten Sigi, bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Sebetulnya hari itu memang ada acara yaitu Penutupan Cross Country yang tamunya Riyani Djangkaru dan Kang Bongkeng dari Wanadri.

Dari gerbang start n finish
Dari gerbang start n finish

Nyampe sana berasa muda lagi, gimana nggak, wong kebanyakan mahasiswa loh, hehehe dan jangan salah pesertanya ada yang dari Jogja, Surabaya, Gorontalo sampe Bandung juga dibelain-belain kesini buat ikutan Cross country. Salut! Ada menara pengamatan burung juga loh, walaupun harus “nyusruk” hutan tapi asli keren banget. Tempat ini udaranya dingin, brrr, cocok buat camping (whoaaa, kapan camping beneran lagi) soalnya kemaren cuma piknik, karena menurut saya dua hal ini sangat berbeda. Kalo camping, masak sendiri, tidur di tenda, ada api unggun. Lah saya kemarin tidur di mobil, makan siap saji semua. wakakak.

Pemandangan dari atas menara
Pemandangan dari atas menara
Masih dari atas menara, Horee mataharinya muncul ^^
Masih dari atas menara, Horee mataharinya muncul ^^
Hayoo cari mana menarannya...
Hayoo cari mana menarannya...
Menara dari camp
Menara dari camp
Mari mancing di Danau Tambing
Mari mancing di Danau Tambing

Tujuan saya kesini kan memang mau jalan-jalan eksplore Danau Tambing plus foto-foto tentu saja. Tapi ternyata banyak juga info yang saya dapat. Walaupun dengan tidak sengaja. Jadi ternyata ada daerah yang namanya Dongi-Dongi yang dainggap ilegal oleh pemerintah karena masuk kawasan Taman Nasional. Mereka sudah berada disana sejak tahun 1990an, nah penetapan zonasi katanya baru 2000an. Dan sampai sekarang belum ada kesepakatan kedua belah pihak. Bulan Maret kemaren warga Dongi-Dongi sampai berdemo loh di kantor Taman Nasional. Semoga ada jalan damai yah.Pokonya kalo saya mah rakyat bisa makan,satwa-satwa bisa hidup tentram dan pohon tidak ditebang:D

7 thoughts on “Danau Tambing Taman Nasional Lore Lindu.

Tinggalkan Balasan

