Mata yang nggak bisa merem, alias insomnia

Insomnia, tadi malam saya mengalami penyakit itu. Sudah 3 kali dalam sebulan ini saya mengalami insomnia. Menurut Wikipedia sih, insomnia itu gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Sepertinya ada benarnya juga, saya sudah mulai tidak terkoordinasi antara otak dan tubuh. Otak udah dirumah, tapi tubuh masih disini. ( Yang ini mah ngarep!)

Bayangin aja, saya nggak bisa tidur sampai subuh, padahal udah guling-guling dikasur berulang kali, udah ngitungin bebek ratusan, sampai tuh bebek pada bosen bolak-balik berseliweran di otak saya, udah baca buku kayak diktat kuliah yang serius (bukunya Kak Inci) waktu pas bacanya sih ngantuk, giliran di kasur guling-guling lagi. Arrgggghhh, nggak enak banget dah. Padahal saya udah menjalani ritual sebelum tidur, kayak cuci kaki, sikat gigi, matiin lampu, matiin nyamuk, meluk guling, tapi tetep aja nggak bisa tidur. Ditambah lagi saya udah ngebayangin wajahnya Tom Cruise ato Brad Pitt, malah tambah nggak bisa tidur #nyakaraspal.

Udah malem. ikannya mau bobo
Udah malem. ikannya mau bobo

Giliran bisa merem cuma beberapa menit doank, soalnya ngantor boo, cucian banyak pula. Kata Kak Inci, mungkin saya stress, makanya secara nggak sadar jadi insomnia, bukannya saya dari dulu emang udah stress (mulai deh nggak normal). Mungkin, hehehe…

Setelah semedi di mbah Gugle, saya menemukan beberapa artikel buat obat insomnia:
1. Kangkung (ipomoea aquatica forssk)
menurut orang tua dulu kalo makan kangkung bakal jadi “ngantukan” soalnya mengandung vitamin B, kalsium, seng, dan magnesium yang bersifat menenangkan susunan saraf. Walaupun begitu, ternyata tidak ngaruh ke saya.

2. Pala (myristica fragrans houtt)
Pala memiliki efek merangsang tidur berkat miristisin, elimicin, dan safrole yang dikandungnya. Sayang di kota kecil ini saya belum nemu pala.

3. Kurma (phoenix dactylifera)
Baru tahu juga kalau kurma bisa jadi obat tidur, Karena, buah asal Timur Tengah ini tinggi kandungan triptopannya. Sepertinya sekali-kali perlu saya coba, walaupun saya kurang suka kurma, banyak teman saya bilang aneh karenanya. Makanan sejuta umat kok ga suka.

4. Susu
Susu kaya akan mineral kalsium dan magnesium yang dipercaya para ahli dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Sayangnya, saya nggak mau ambil resiko badan saya tambah melar gara-gara minum susu setiap hari, apalagi menjelang tidur. Oh NO NO NO…

Jadi apa obat insomnia buat saya yang pas yah. Sebisa mungkin sih saya menghindari obat-obatan kimia, soalnya takut kecanduan. Apa emang lagi banyak pikiran yah, hemmm…mungkin. Tapi saya mencoba menikmati hidup kok, santai kayak dipantai, slow kayak di disko.

Berdasarkan pemikiran yang amat serius dan panjang, mengingat dan menelaah kejadian yang telah berlalu yang pernah saya alami dan saya lalui sepanjang hayat ini (jadi mbleber nulisnya, hahaha) paling gampang tidur itu ya kalau kecapean, pasti langsung “blek sek” enggak pake ngitung bebek sampe bebek-bebeknya ngos-ngosan mondar-mandir atau habis olahraga, itu juga enak banget kalo tidur, cuma untuk saat ini kan saya masih puasa, jadi nggak bisa olahraga (alasan, bilang aja males!)

2 thoughts on “Mata yang nggak bisa merem, alias insomnia

  1. aku bilangin deh tik… maleeesssss!!!! wkwkwkwkk….
    mungkin kamu perlu menhipnotis diri sendiri kali…asal inget-inget aja buat bangun paginya, jangan tidur terus..gaswat nanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s